Sambut HLN, Menteri ESDM Resmikan Stasiun Baterai Kendaraan Listrik Umum

Selasa, 03 November 2020 - 13:15 WIB
loading...
Sambut HLN, Menteri ESDM Resmikan Stasiun Baterai Kendaraan Listrik Umum
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Sebagai rangkaian perayaan Hari Listrik Nasional (HLN) , Menteri ESDM Arifin Tasrif meresmikan pengoperasian tiga titik Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

Ketiga titik itu adalah Kantor PLN UP3 Cikokol Tangerang oleh Grab Indonesia-Kymco, Alfamart Gandaria 3 Jalan Jatayu Kebayoran Baru Jakarta Selatan oleh Oyika, serta di Kantor Ditjen Ketenagalistrikan di Jalan HR Rasuna Said Kuningan Jakarta Selatan oleh Ezyfast dan Oyika.

Pengoperasian SPBKLU berdasarkan peraturan menteri ESDM no 13 tahun 2020 tentang Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik Untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

“SPBKLU diharapkan bisa menjadi solusi percepatan terwujudnya ekosistem kendaraan berbasis listrik dan baterai,” ujarnya dalam sambutannya secara virtual, Selasa (3/11/2020).

( )

Ketersediaan fasilitas SPBKLU di tiga titik tersebut difasilitasi atas kerjasama produsen baterai listrik, transportasi online serta produsen motor listrik.

Arifin yang berbincang dengan pihak produsen Baterai listrik di kawasan Alfamart Gandaria menyebutkan, kendaraan listrik sepeda motor listrik masih memerlukan sosialisasi yang besar sehingga minat masyarakat juga besar menggunakan kendaraan ramah lingkungan ini.

“Saya kira masih butuh sosialisasi lagi ya agar diminati masyarakat. Harusnya kendaraan ini bisa lebih efisien,” kata Menteri Arifin. Sebagai informasi produsen motor listrik Viar memerlukan waktu empat jam penuh pengisian baterai dengan jarak tempuh 60 kilometer.

( )

Peresmian SPBKLU sekaligus menjadi rangkaian perayaan HLN yang digelar Kementerian ESDM. Pada perayaan HLN, Kementerian ESDM juga memberikan penghargaan kepada pembangkit listrik terbaik mengenai keselamatan ketenagalistrikan.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2762 seconds (0.1#10.140)