Empat Kapal Perintis Baru PT ASDP Siap Buka Isolasi Wilayah

Senin, 09 November 2020 - 18:14 WIB
loading...
Empat Kapal Perintis Baru PT ASDP Siap Buka Isolasi Wilayah
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) siap mengoperasikan 4 kapal perintis baru yang ditargetkan rampung pembangunannya tahun ini. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) siap mengoperasikan 4 kapal perintis baru yang ditargetkan rampung pembangunannya pada tahun anggaran 2020 ini. Salah satunya adalah KMP Takabonerate berukuran 500 GT yang telah selesai dibangun dan rencananya akan diserahterimakan Desember nanti.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, ASDP terus mendukung layanan angkutan penyeberangan perintis untuk menghubungkan daerah satu dengan lainnya guna meningkatkan pengembangan di wilayah tersebut.

(Baca Juga: ASDP Terapkan Tiket QR Code dan Pembayaran Non Tunai di Kawasan Danau Toba)

Apalagi, tahun ini ASDP meraih kontrak subsidi perintis senilai Rp377 miliar yang ditargetkan dapat melayani 187 lintasan perintis di seluruh Indonesia dengan 73 unit kapal dan 76.654 trip.

Angkutan penyeberangan perintis menjadi salah satu moda transportasi yang sangat dibutuhkan Indonesia yang berbentuk kepulauan. Layanan ini menjadi jalan pembuka keterisolasian suatu daerah untuk menghubungkan daerah satu dengan lain guna meningkatkan perkembangan wilayah.

“Angkutan penyeberangan perintis menjadi salah satu moda transportasi yang sangat dibutuhkan masyarakat dimana layanan perintis ASDP di sejumlah wilayah menjadi andalan dan selalu dinantikan. Tidak hanya mendukung konektivitas dan logistik, tetapi juga menjadi penunjang destinasi pariwisata di Indonesia," ujarnya di Jakarta Senin (9/11/2020).

PT ASDP telah menyatakan kesanggupannya dalam mengoperasikan 4 kapal perintis baru yang dibangun Kementerian Perhubungan. Keempatnya ditarget rampung pada tahun anggaran 2020 ini. Tiga KMP lain yakni KMP jenis Roro berukuran 200 GT untuk pengoperasian di Danau Toba, Danau Matano, dan Danau Towuti, serta 1 unit KMP jenis Roro berukuran 500 GT untuk Kepulauan Selayar, yakni KMP Takabonerate.

(Baca Juga: PT IKI Lakukan Pemotongan Pertama Plat Kapal Pesanan ASDP IF)

Sebelumnya Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi telah melakukan peletakan pengoperasian KMP Takabonerate buatan PT Industri Kapal Indonesia (IKI) di Makassar Sulawesi Selatan.

KMP Takabonerate ini senilai Rp34,5 Miliar dengan kapasitas penumpang 265 orang dan ABK 18 orang. Spesifikasi KMP Takabonerate ini yaitu panjang seluruh 46,80 meter, lebar 12 meter, tinggi 3,70 meter dengan kecepatan dinas 13 knot. Sementara Kapal Ro-Ro 500 GT yang sedang dibuat untuk lintas Kaledupa-Tomia-Binongko bernilai kontrak Rp39,3 Miliar mampu mengangkut 265 orang penumpang dan 18 ABK. Dengan spesifikasi panjang seluruh 46,80 meter, lebar 12 meter, tinggi 3,7 meter, dan kecepatan dinas 13 knot.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1859 seconds (0.1#10.140)