Ini Dia Jurus Rahasia Kang Emil Tekuk Anies Baswedan

Kamis, 12 November 2020 - 12:16 WIB
loading...
Ini Dia Jurus Rahasia Kang Emil Tekuk Anies Baswedan
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Jawa Barat menjadi juara dalam realisasi investasi hingga kuartal III-2020 ini. Realisasi investasi di Jawa Barat dari awal tahun hingga kuartal III-2020 sebesar Rp86,3 triliun, atau sekitar 95,8% dari target tahun 2020 yang mencapai Rp90 triliun.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membagikan rahasia sehingga Jawa Barat bisa menjadi peringkat pertama untuk realisasi investasi. Salah satu kuncinya adalah melakukan cara untuk terus menebar rasa optimisme dan percaya diri. ( Baca juga:Hari Pahlawan, Ridwan Kamil Disuguhi Pesan-Kata Mutiara Pahlawan Nasional )

Menurut Ridwan Kamil, langkah itu dilakukan meskipun saat ini situasinya sedang sulit akibat pandemi. Jadi, hampir semua sektor dari mulai kesehatan bahkan ekonomi sekalipun terkena dampaknya.

“Pertama tadinya banyak berita buruk kesehatan dan ekonomi, susah cari berita baik. Tapi satu hal yang kita semangati adalah bahwa kita harus selalu menebar rasa optimisme, percaya diri. Sehingga saya tugaskan kepada tim investasi Jawa Barat untuk mempromosikan,” ujarnya dalam acara Market Review IDX Channel, Kamis (12/11/2020).

Menurut pria yang kerap disapa Kang Emil itu, dirinya secara aktif untuk menelepon para duta besar untuk meyakinkan diri jika Jawa Barat sudah siap untuk menyambut investor. Apalagi dengan adanya Pelabuhan Patimban yang rencananya akan diresmikan dalam waktu dekat.

“Jadi saya banyak telpon duta besar bahwa Jawa Barat, salah satu jualan saya kan Patimban-lah ya, jadi bahwa Patimban sudah dekat, akan segera diresmikan sehingga kita akan memiliki pelabuhan terbesar, tercanggih se-Indonesia yang akan diresmikan Desember bulan depan,” jelasnya. ( Baca juga:Menghitung Masa Depan Transmisi Manual, Ditinggalkan atau Dipertahankan? )

Dan menurut Kang Emil, hasilnya pun mulai terlihat pada realisasi investasi hingga kuartal III-2020. Meskipun di tengah situasi pandemi yang sulit, namun masih bisa menjadi peringkat pertama untuk urusan meraup investasi mengalahkan DKI Jakarta.

Berdasarkan data BKPM, realisasi investasi sepanjang sembilan bulan pertama tahun ini, Jawa Barat sukses mendulang investasi PMDN sebesar Rp35,4 triliun dan PMA (berdasarkan lokasi proyek) sebesar USD3,5 miliar. Sementara, DKI mencatatkan realisasi investasi PMDN sebesar Rp33,7 triliun dan PMA USD2,7 miliar.

“Hasil dari lobi-lobi promosi membuahkan hasil ternyata rangking 1 investasi masih dimiliki oleh Provinsi Jawa Barat. Dan terbagi ke dalam modal asing dan dalam negeri totalnya sudah mendekati Rp90 triliun. Dan ini menjadikan Jawa Barat tertinggi,” jelasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1544 seconds (0.1#10.140)