Maruf Amin Usul Ada Lembaga Pengawas dan Penjamin Simpanan Koperasi BMT

Senin, 16 November 2020 - 12:42 WIB
loading...
Maruf Amin Usul Ada Lembaga Pengawas dan Penjamin Simpanan Koperasi BMT
Wakil Presiden Maruf Amin. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan Baitu Al-Maal Wa Al-Tamil (BMT) sebagai koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah (KSPPS) memiliki kelebihan dan kekurangan.

Dia menyebut kelebihan BMT salah satunya adalah dapat memberikan pembiayaan tanpa memerlukan berbagai persyaratan yang menyulitkan bagi usaha mikro dan kecil.

“Selain itu, BMT memiliki peran menolong masyarakat karena mengelola dana sosial, yaitu Zakat, Infak/Sedekah dan Wakaf,” katanya saat membuka acara webminar BMT Summit 2020, Senin (16/11/2020).

( )

Ma'ruf menambahkan, kelebihan lain BMT adalah memberikan pendampingan kepada nasabah untuk mengembangkan kegiatan usaha. “Dan juga melakukan pembinaan karakter dan berperilaku hidup yang baik,” ungkapnya.

Namun begitu, Maruf menyoroti masih ada beberapa kekurangan dari BMT. Menurut dia, sebagai suatu lembaga simpan pinjam dibutuhkan lembaga pengawas dan lembaga penjaminan simpanan. Namun, hingga kini belum terdapat lembaga pengawas dan lembaga penjaminan untuk koperasi.

“Untuk itu saya meminta agar dalam summit ini juga dibicarakan opsi-opsi untuk dapat mewujudkan berdirinya lembaga pengawas dan lembaga penjamin simpanan bagi BMT ini,” ujarnya.

( )

Selain itu, perlu dipikirkan untuk menyusun kembali business process BMT agar dapat menyesuaikan kondisi paska pandemi Covid-19. Termasuk untuk dapat memanfaatkan bantuan untuk mendapatkan pembiayaan murah, seperti KUR, KUR Super Mikro, pembiayaan melalui LPDB, bantuan subsidi bunga, fasilitas restrukturisasi, dan program penjaminan pinjaman.

“Untuk dapat mewujudkan BMT yang handal diperlukan peningkatan kapasitas penerapan manajemen risiko dan sistem pengawasan internal terkait usaha simpan pinjam atau pembiayaan yang dilakukan oleh masing-masing BMT. Hal ini harus menjadi bagian dari business process yang perlu dibenah,” katanya.

Maruf juga mengatakan untuk dapat membantu BMT bersinergi, perlu lembaga APEX BMT. Lembaga APEX BMT ini berfungsi sebagai koperasi sekunder.

( )

“Koperasi sekunder BMT atau APEX BMT dapat berfungsi untuk membangun jejaring dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas kemampuan BMT dalam peran serta fungsinya. Sehingga ketika salah satu BMT anggotanya tidak dapat menjalankan fungsinya, misalnya karena kekurangan likuiditas, maka BMT tersebut dapat dibantu oleh BMT anggota lainnya,” pungkasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3061 seconds (0.1#10.140)