Jumlah Gadget dan Pengguna Internet Jadi Modal Indonesia Sambut Neobank

Selasa, 17 November 2020 - 18:06 WIB
loading...
Jumlah Gadget dan Pengguna Internet Jadi Modal Indonesia Sambut Neobank
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Institute Agus Sugiarto mengatakan, prospek neobank di Indonesia sangat menjanjikan. Hal ini melihat beberapa faktor yang akan mendorong bisnis neobank ke depannya.

Neobank merupakan bisnis bank yang beroperasi penuh secara digital . Neobank lahir berdasarkan perkembangan aplikasi dan teknologi.

"Kenapa sangat menjanjikan? Pertama, pengguna internet di Indonesia hampir mencapai 200 juta orang. Ini sangat luar biasa sekali," ujarnya sebuah diskusi dengan tema "Traditional Bank vs Neobank", Selasa (17/11/2020). ( Baca juga:OJK Dorong Masyarakat Manfaatkan Investasi yang Berikan Untung dan Pahala )

Dia melanjutkan, faktor lainnya yang mendukung bisnis neobank adalah penjualan mobile device hingga Juni 2020 mencapai 338 juta, melebihi jumlah penduduk Indonesia. Di sisi lain, perilaku digital masyarakat semakin meningkat.

"Dari bangun tidur hingga mau tidur, kita tidak terlepas dari yang namanya gadget dan internet," ungkapnya.

Sugiarto menuturkan, indeks inklusi keuangan Indonesia juga baru mencapai 76,19%. Artinya dari setiap 100 penduduk Indonesia yang sudah memiliki akses ke lembaga jasa keuangan atau produk-produk jasa keuangan itu baru sekitar 76 orang. Masih ada 24 orang yang belum mempunyai akses keuangan. Dengan adanya digital services ini diharapkan angka akses keuangan akan meningkat.

"Alasan kuat lainnya saat ini belum ada neobank yang beroperasi secara resmi di Indonesia," tuturnya. ( Baca juga:Tuntaskan Pemeriksaan Perdana Video Syur Mirip Dirinya, Gisel Irit Bicara )

Dia menambahkan, gelombang digitalisasi akibat revolusi industri 4.0 turut mendorong munculnya neobank. Kemudahan dan kecepatan dalam transaksi saat ini sudah menjadi prioritas.

"Adanya pandemi ini menjadi salah satu driver untuk memperluas contactless payment system," tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1523 seconds (0.1#10.140)