Apindo Optimistis Ekonomi Rebound Lebih Cepat

Kamis, 19 November 2020 - 19:59 WIB
loading...
Apindo Optimistis Ekonomi Rebound Lebih Cepat
Ilustrasi resesi ekonomi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani melihat ada kemungkinan pemulihan ekonomi akan lebih cepat didorong optimisme masyarakat yang tinggi. Banyak optimisme muncul mengenai pandemi Covid-19 berakhir di akhir tahun 2020, sekaligus mengindikasikan bahwa kondisi keuangan akan kembali normal pada akhir tahun 2021.

"Kami melihat ini bekal yang paling utama bahwa masyarakat punya optimisme yang tinggi. Jadi masyarakat lebih agresif untuk bisa melakukan aktivitas," ujarnya pada webinar "Ekspektasi Dunia Usaha dan Perbankan terhadap Industri Asuransi", Kamis (19/11/2020).



Hariyadi melanjutkan, pertumbuhan digital payment di masa pasca-pandemi juga akan terus mengalami peningkatan. Di tahun 2021, adopsi konsumen terhadap digital payment akan mengalami fase kritikal di mana cara bertransaksi baru ini akan menjadi mainstream di area urban. "Ini juga akan mendorong pemulihan ekonomi kita. Di masa next normal nanti juga semakin banyak konsumen dan berbagai pihak yang memiliki asuransi jiwa dan kesehatan menjadi hal yang dianggap penting," ungkapnya.



Dia menuturkan, untuk mencapai ekonomi yang kuat pasca krisis Covid-19 maka perlu membangun jalan ekonomi baru melalui sektor-sektor potensial. Beberapa sektor potensial diantaranya mendorong peningkatan daya saing melalui digital, inovasi, dan kewirausahaan.

Selain itu, memanfaatkan peluang ekonomi baru terutama di sektor-sektor potensial di bidang asuransi yang tumbuh melesat pasca recovery ekonomi nantinya. "Kemudian membangun dan memperkuat kapabilitas ekonomi seperti meningkat SDM dan membangun ketahanan ke dalam struktur ekonomi baik sektor riil maupun keuangan," jelasnya
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)