Ibu Negara Iriana Berbicara Soal UMKM dan Hikmah Pandemi Covid-19

Jum'at, 20 November 2020 - 17:51 WIB
loading...
Ibu Negara Iriana Berbicara Soal UMKM dan Hikmah Pandemi Covid-19
Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) menyebut pandemi covid-19 menghasilkan banyak hikmah. Salah satu yang mendapatkan hikmah adalah para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Foto/Dok Okezone
A A A
JAKARTA - Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyebut pandemi covid-19 menghasilkan banyak hikmah. Salah satu yang mendapatkan hikmah adalah para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) .

Menurut Iriana, hikmah utama dari adanya pandemi adalah para pelaku UMKM jadi melek digital. Sehingga produk UMKM Indonesia bisa lebih dikenal dunia karena bisa diakses dengan mudah.

“Saya sangat senang karena situasi pandemi, semangat untuk memajukan UMKM enggak pernah surut. Tapi semakin kencang, semakin kreatif dan menarik. Pandemi covid-19 memberikan banyak hikmah, untuk mendorong UMKM beralih lebih cepat ke digital,” ujarnya dalam acara Karya Kreatif Indonesia (KKI) secara virtual, Jumat (20/11/2020).

(Baca Juga: UMKM Raup Omzet Rp10 M di Ajang KKI, Buyer dari China hingga Italia Ikut Terpikat )

Menurut Iriana, adanya perkembangan teknologi digital membuat para pelaku UMKM harus bisa memanfaatkannya untuk menyiapkan dan menyesuaikan model bisnisnya. Namun selain itu, kualitas produknya juga harus ditingkatkan.

"Kualitas produk, branding, packing, pelayanan juga harga agar tidak kalah saing dari produk negara lain. Pemakaian platform digital saat ini telah membuka kesempatan luas kepada generasi muda," ucapnya.

Iriana menilai pemanfaatan digital sangat menjanjikan bagai generasi muda Indonesia yang sangat banyak. Sebab mereka sudah terbiasa menggunakan teknologi digital dalam kehidupan.

"Karena itu sekarang waktu yang sangat tepat bagi kaum muda Indonesia untuk menjadi wirausaha, bangun dan besarkan UMKM, membantu ciptakan lapangan kerja bagi masyarakat, dorong perekonomian," kata Iriana.

(Baca Juga: Kemenparekraf Apresiasi UMKM lewat Anugerah BBI 2020, Ini Nominasinya )

Oleh karena itu, pemerintah bersama dengan Bank Indonesia dan lembaga lainya membuka atau mengembangkan usahanya. Sehingga ke depannya bisa menjadi kekuatan ekonomk baru bagi Indonesia

"Kita dorong dan ciptakan budaya enterpreneur di kalangan anak muda sebagai kekuatan perekonomian baru yang siap go global, mendunia, membawa produk Indonesia untuk semakin diminati pasar internasional," jelasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)