Pesan Raja Salman Soal Kesetaraan Akses Vaksin Covid-19 Bagi Siapapun

Minggu, 22 November 2020 - 09:09 WIB
loading...
Pesan Raja Salman Soal Kesetaraan Akses Vaksin Covid-19 Bagi Siapapun
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud berpesan, hal yang lebih penting adalah distribusi vaksin dan obat Covid-19 dengan akses yang mudah, adil, dan merata. Foto/Dok Reuters
A A A
RIYADH - Raja Arab Saudi ketujuh sekaligus Penjaga Dua Kota Suci, Salman bin Abdulaziz al-Saud mengatakan, bahwa dalam menghadapi pandemi Covid-19, optimisme harus tetap dijaga. Bahkan dalam sambutannya di G20 Riyadh Summit , dia mengajak agar semua negara tetap optimis sembari menunggu pengembangan vaksin Covid-19 .

(Baca Juga: Raja Salman: G20 Harus Bantu Negara Berkembang Hadapi Pandemi Covid-19 )

Namun, meskipun pihaknya optimis dengan kemajuan yang dicapai dalam pengembangan vaksin, alat diagnostik, dan pengobatan Covid-19, masih ada hal lain yang harus dicapai. Menurut Salman, hal yang lebih penting adalah distribusi vaksin dan obat Covid-19 dengan akses yang mudah, adil, dan merata.

"Kita harus bekerja keras agar bisa menciptakan kondisi dimana akses terhadap alat dan obat ini bisa terjangkau dan adil bagi semua orang," ungkap Raja Salman di Riyadh, Sabtu (21/11).

Berdasarkan pengalaman pandemi ini, dia juga berpesan agar semua negara juga harus membuat persiapan yang lebih baik untuk berjaga-jaga menghadapi pandemi lainnya di masa depan. Tak lupa, Salman mengingatkan agar negara-negara berkembang dengan penghasilan rendah masih berada dalam posisi rentan.

"Kita harus memberikan dukungan kepada negara berkembang secara terkoordinir untuk memelihara pembangunan yang telah dicapai selama beberapa dekade terakhir," ucapnya.

(Baca Juga: G20 Riyadh Summit: Perdagangan Adalah Kunci Pemulihan Ekonomi )

Di luar hal tersebut, Salman mengingatkan bahwa para anggota G20 harus meletakkan fondasi dasar untuk pertumbuhan yang kuat, berkelanjutan, dan inklusif. Selain itu, dia menekankan pentingnya mendorong akses peluang bagi semua kalangan, terutama kaum perempuan dan anak-anak muda.

"Ini untuk meningkatkan peran mereka di masyarakat dan pasar kerja melalui pendidikan, pelatihan, penciptaan lapangan kerja, serta mendukung kewirausahaan, memperkuat inklusi keuangan, dan menjembatani kesenjangan digital antar individu," pungkas Salman.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)