Jangan Hanya Fokus ke Konglomerat, Bank Syariah BUMN Harus Jawab Keraguan Masyarakat

Kamis, 26 November 2020 - 09:45 WIB
loading...
Jangan Hanya Fokus ke Konglomerat, Bank Syariah BUMN Harus Jawab Keraguan Masyarakat
Bank syariah BUMN hasil merger diingatkan jangan hanya fokus ke konglomerat untuk menjawab keraguan masyarakat. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Ekonom Indef Fauziah Rizki Yuniarti mengatakan, bank syariah BUMN hasil merger yang secara teori bisa menawarkan produk yang lebih murah (karena besarnya modal bank pasca merger sehingga besarnya kesempatan mendapat dana murah). Terang dia, harus semakin memperbesar pembiayaannya ke sektor UMKM dengan salah satunya pengembangan Bank Wakaf Mikro (BMW) .

(Baca Juga: Erick Thohir Sungkem Kiai Ma'ruf, Minta Restu Merger Bank Syariah )

Kata dia, pinjaman ke bank memang bukanlah dana yang murah. Saat ini PBI No. 17/12/PBI 2015 mensyaratkan pembiayaan perbankan syariah ke UMKM minimum 20% dari total pembiayaan. Namun sayangnya bank-bank syariah hanya berusaha sebatas memenuhi angka persyaratn tersebut.

"Sebagai contoh, Bank Syariah Mandiri melakukan pembiayaan ke UMKM yang sayangnya semakin menurun sejak 6 tahun terakhir (29,74% (Tahun 2014), 27,86% (Tahun 2015), 25,52% (Tahun 2016), 22,89% (Tahun 2017), 20,46% (Tahun 2018), dan 16,85% (Tahun 2019)," kata Fauziah di Jakarta, Kamis (26/11/2020)

Peningkatan porsi pembiayaan ke UMKM wajib masuk ke Rencana Bisnis Bank Syariah BUMN sehingga tidak sekedar memenuhi persyaratan minimum Bank Indonesia di 20%. "Ini menjawab keraguan masyarakat bahwa Bank Syariah BUMN hanya fokus ke konglomerat," ungkapnya.

Selain itu, konsep Bank Wakaf Mikro (BWM) sekarang yang pesantren-based sudah bagus karena memang kemajuan ekonomi syariah Indonesia salah satunya bergantung banyak dari kyiai-kyiai di pesantren. "Sangat krusial untuk meningkatkan literasi keuangan manajemen pengelola BWM tentang produk," bebernya.

(Baca Juga: Merger 3 Bank Syariah BUMN, Pengusaha: Dorong Kemajuan Umat dalam Konteks Ekonomi )

Sebelumnya Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap layanan pinjaman mikro berbasis syariah, seperti Bank Wakaf Mikro (BWM), tidak dilupakan setelah merger bank syariah dari Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) beroperasi.

Pesan tersebut disampaikan langsung oleh Wapres Ma’ruf Amin kepada Menteri urusan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam pertemuan keduanya di rumah dinas wapres Jakarta, awal pekan lalu, kata Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)