Yuk Jadi Juragan Rumah Indekos yang Cermat

Kamis, 26 November 2020 - 11:54 WIB
loading...
Yuk Jadi Juragan Rumah Indekos yang Cermat
Bisnis rumah indekos kini makin menjanjikan. (Foto: Dok/Ferdian Khalif Rahmadani)
A A A
JAKARTA - MEMILIKI bisnis rumah indekos adalah salah satu pilihan investasi. Apalagi, indekos di kota besar kini bukan hanya tempat tinggal sementara, namun sudah menjadi lifestyle.

Semua memang tergantung anggaran penyewa. Namun, kini mereka semakin rela mengeluarkan biaya lebih untuk bisa membuat tempat indekos yang nyaman.

Kamar indekos kini kaitannya untuk kenyamanan beraktivitas. Bagi mahasiswa nyaman mengerjakan tugas ditambah untuk tempat berkumpul dengan temen-teman. Sementara bagi pekerja tentunya tempat yang nyaman untuk tempat istirahat setelah kembali dari kantor. Juga kini menjadi tempat yang nyaman untuk bekerja work from home (wfh) seperti saat ini.

Karena itu, pemilihan fasilitas indekos kini benar-benar sangat bersaing. Bahkan, terkait gaya hidup pun para penghuni memiliki selera yang tidak biasa, di antaranya kamar sudah seperti apartemen, bahkan hotel.

Site Engineer & Architect PT Tiga Adi Rekabangun, Ferdian Khalif Rahmadani menjelaskan, setelah urusan lokasi, masih ada hal-hal teknis lain yang harus diperhatikan oleh calon pebisnis rumah indekos. Berikut ini unsur-unsur yang harus dipersiapkan untuk membangun tempat indekos.

1. Memiliki Tanah Kavling Minimal 18 x 20 Meter

Luas lahan tentu bukan diperuntukan semua untuk kamar, melainkan ada fasilitas lain yang perlu disediakan. Contohnya ruang tamu, dapur, dan parkiran. Luas itu dapat menampung 10 kamar, dibangun dua lantai, dan saling berhadapan agar lebih hemat tempat. Jadi, 1 baris terdapat 5 kamar.

Cara ini sangat menghemat luas bangunan, namun perlu diingat bahwa kamar yang baik adalah kamar yang punya pencahayaan dan sirkulasi udara yang bagus. Kamar harus terkena cahaya matahari langsung, dan ada akses udara dari luar agar sirkulasi udara bagus. Meskipun mungkin pakai AC, tapi perlu diperhatikan akses udara keluar masuk agar kelembapan kamar bisa terjaga.

2. Gunakan Jasa Arsitek

Jasa arsitek membantu penataan konsep ruang yang efektif, penataan interior yang terkonsep, dan arsitek juga mampu membantu menghitung analisa struktur yang efisien dan efektif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1658 seconds (0.1#10.140)