Siapa Kandidat Pengganti Edhy Prabowo? Sandiaga Uno, Fadli Zon Apa Susi Pudjiastuti

Sabtu, 28 November 2020 - 12:00 WIB
loading...
Siapa Kandidat Pengganti Edhy Prabowo? Sandiaga Uno, Fadli Zon Apa Susi Pudjiastuti
Edhy Prabowo bersama Susi Pudjiastuti dalam sebuah acara. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebagaimana diketahui, Edhy Prabowo telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) setelah ditetapkan menjadi tersangka kasus suap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sejumlah kandidat pun muncul ke permukaan seperti Sandiaga Uno, Fadli Zon dan Susi Pudjiastuti dianggap bakal menggantikan Edhy menjadi orang nomor satu di KKP.

Ekonom Core Piter Abdullah menilai, kandidat pengganti Edhy Prabowo, harus memiliki sejumlah kriteria yang dianggap layak. Utamanya bisa mengenal dan memahami bisnis kelautan dan perikanan. "Sebenarnya nggak masalah dari golongan Mana. Tapi yang penting sangat paham tentang dunia bisnis kelautan dan perikanan," kata Piter saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Sabtu (28/11/2020).



Menurut dia nama Susi Pudjiastuti merupakan kandidat yang kuat. Sebab, kinerja dan kompeten Susi memang menaikkan standar minimum seorang menteri KKP. "Sebelum Bu. Susi jadi menteri KKP, masyarakat tidak begitu perhatian tentang KKP. Potensi ekonomi kementerian ini tidak terlihat. Setelah Bu Susi jadi menteri KKP kita seperti didasarkan begitu besar potensi ekonomi yang dikelola oleh kementerian KKP dan selama ini bocor besar. Kita dirugikan sangat besar," katanya.



Secara terpisah, Pengamat Perikanan Suhana mengatakan KKP itu kan kewenangannya mengelola sumberdaya alam yang ada di laut. Sehingga akan lebih baik dijabat oleh para profesional dan non partai. "Ini lebih baik dijabat oleh para profesional dan non partai," tandasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1981 seconds (0.1#10.140)