Ekonomi Global Amburadul, Luhut: Penanganannya Berbeda dengan Krisis Sebelumnya

Kamis, 03 Desember 2020 - 18:55 WIB
loading...
Ekonomi Global Amburadul, Luhut: Penanganannya Berbeda dengan Krisis Sebelumnya
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pandemi virus corona (Covid-19) menginfeksi tidak hanya dari segi kesehatan, melainkan juga dari sisi ekonomi. Hampir seluruh aktivitas ekonomi terkena imbas dari pandemi ini.

Bahkan ekonomi global , termasuk Indonesia kini mengalami resesi akibat dampak pandemi Covid-19. Indonesia mengalami resesi pada kuartal III-2020 setelah ekonomi minus 3,49%. ( Baca juga:Ekonomi Global Tahun Depan Masih Diselimuti Awan Gelap )

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, resesi ekonomi yang terjadi saat ini merupakan hal baru. Pasalnya, krisis yang terjadi sekarang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Resesi yang sekarang terjadi merupakan hal baru dan unprecedented. Indonesia sebagai salah satu negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara ikut terimbas atas gejolak ekonomi dunia akibat pandemi Covid-19," ujarnya dalam acara Indonesian Palm Oil Conference (IPOC) secara virtual, Kamis (3/12/2020). ( Baca juga:Tinjau Lokasi Erupsi Gunung Semeru, Gubernur Khofifah Siapkan Langkah Mitigasi )

Menurut Menko Luhut, krisis yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 berbeda dengan sebelumnya. Pandemi memukul tidak hanya dari sisi permintaan, tapi juga penawaran perekonomian.

"Sehingga penanganannya pun sangat berbeda dengan krisis yang terjadi sebelumnya," ucap Luhut.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)