Kurangi Pengangguran di Daerah, Kemnaker Minta Pemda Lakukan 3 Langkah Ini?

loading...
Kurangi Pengangguran di Daerah, Kemnaker Minta Pemda Lakukan 3 Langkah Ini?
Kemnaker mencatat tiga langkah penting yang harus dilakukan pemerintah daerah (Pemda) dalam menangani permasalahan pengangguran di daerah. Foto/Dok
JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mencatat tiga langkah penting yang harus dilakukan pemerintah daerah (Pemda) dalam menangani permasalahan pengangguran di daerah. Hal itu setelah Pemerintah Pusat melakukan koordinasi dengan pemda ihwal akses program pelatihan kerja.

Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan, pemerintah pusat sudah melakukan pengembangan program pelatihan vokasi di Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) agar sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan industri yang ada di daerah.

(Baca Juga: Kemnaker Gandeng Pemda Perkuat Kerjasama Pelatihan Kerja )

Di mana, kejuruan pelatihan yang dikembangkan disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja lokal sehingga mampu mendorong minat masyarakat untuk bekerja atau berwirausaha. Dengan begitu, program yang dicetuskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2017 lalu itu, dapat menekan angka pengangguran dan membuka lapangan kerja baru di daerah-daerah.



"Agar mampu memenuhi kebutuhan pasar kerja, BLK Komunitas harus mengelola lembaganya dengan baik, sehingga bisa menjadi lembaga yang kredibel dan lulusannya terserap pasar kerja atau berwirausaha," kata Anwar melalui siaran pers, Sabtu (5/12/2020).

Karena itu, untuk memaksimalkan program tersebut, pemda harus melakukan tiga langkah penting diantaranya, pertama, peran aktif Pemda yang telah menjadi target kerja sama pelatihan untuk dapat membantu proses pelatihan dan penempatan peserta yang telah dilatih.

Kedua, koordinasi Pemda dengan dunia usaha atau industri lebih ditingkatkan agar dapat memanfaatkan peserta pelatihan yang telah disertifikasi. Ketiga, memiliki program-program prioritas terkait kejuruan pelatihan kerja yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi daerah masing-masing dengan melakukan identifikasi kebutuhan pelatihan untuk tahun 2021.



“Program BLKK Komunitas adalah salah satu wujud komitmen pemerintah mendekatkan akses pelatihan kepada masyarakat," katanya.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top