Vaksin Covid-19 Sudah Tiba, Kapan Vaksinasi Dimulai?

Senin, 07 Desember 2020 - 12:09 WIB
loading...
Vaksin Covid-19 Sudah Tiba, Kapan Vaksinasi Dimulai?
Petugas menurunkan kontainer berisi vaksin Covid-19 dari pesawat, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (6/12/2020). Foto/Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden
A A A
JAKARTA - Pengentasan wabah virus corona (Covid-19) di Indonesia mulai memasuki babak baru. Sebanyak 1,2 juta vaksin Sinovac Ltd asal China sudah diterima pemerintah pada Minggu 6 Desember 2020 malam. Lantas kapan vaksinasi ini dilakukan oleh pemerintah?

Menurut Ketua Komite Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) sekaligus Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, untuk tahap vaksinasi masih harus melewati tahap evaluasi dari BPOM untuk memastikan aspek mutu keamanan dan efektivitasnya. "Selain itu menunggu fatwa MUI untuk kehalalannya," ujar dia dalam telekonfrensi, Senin (7/12/2020).

( )

Kemudian, lanjut dia, kedatangan dan ketersediaan vaksin ini bertahap. Lalu pelaksanaan vaksinasi dilakukan juga secara bertahap dengan prioritas tenaga kesehatan. "Dan petugas pelayanan publik yang telah diatur teknis pak Menkes Terawan," ungkap dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa pemerintah telah menerima 1,2 juta dosis vaksin Covid-19. Vaksin itu, kata Jokowi, buatan Sinovac. Vaksin tersebut telah tiba di Indonesia pada Minggu malam (6/12/).

( )

"Saya ingin menyampaikan satu kabar baik, satu kabar baik, bahwa hari ini pemerintah sudah menerima 1,2 juta dosis vaksin Covid-19," kata Jokowi melalui akun Youtube Sekretariat Presiden, tadi malam.

Simak juga video: Menkes Tegaskan Vaksin Covid-19 Aman dan Lolos Uji Klinis

(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)