Sekolah Lapang Dukung Penyuluh Sebarluaskan Teknologi ke Petani

Selasa, 08 Desember 2020 - 11:05 WIB
loading...
A A A
Kepala Pusat Penyuluh Pertanian (Pusluhtan) Leli Nuryati menambahkan pemberdayaan petani melalui penguatan kemampuan penyuluh agar rekomendasi inovasi teknologi dapat diterapkan, khususnya untuk tanaman padi di daerah irigasi terus diupayakan Kementan, khususnya oleh BPPSDMP.

“Dalam pelaksanaannya, IPDMIP memberdayakan SDM pertanian, pemenuhan sarana dan infrastruktur irigasi didukung konsultan. Tujuannya, membantu eksekusi kegiatan juga mendukung peningkatan produktivitas, pencapaian ketahanan pangan, dan tentunya kesejahteraan petani,” kata Leli Nuryati.

Kabid Penyelenggaraan Penyuluhan Pusluhtan, Joko Samiyono mengatakan bahwa SL dari IPDMIP telah dirasakan manfaatnya oleh petani seperti menanam padi dengan sistem pertanaman Jajar Legowo 4:1 (Jarwo) yang dilakukan petani di Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, baru-baru ini.

“Petani Simalungun pun mengerti tentang Jarwo 4:1 yang direkomendasi Badan Litbang Kementan tentang jarak tanam agar lahan mampu menampung populasi tanaman lebih banyak, dan tanaman pinggir lebih banyak pula,” kata Joko Samiyono.
(dar)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1830 seconds (0.1#10.140)