Berburu Vaksin, Sri Mulyani dan Terawan 'Lobi-lobi' Otoritas Jenewa

Selasa, 08 Desember 2020 - 15:49 WIB
loading...
Berburu Vaksin, Sri Mulyani dan Terawan Lobi-lobi Otoritas Jenewa
Menkeu Sri Mulyani. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Pemerintah memastikan kerja sama bilateral di sektor kesehatan dengan otoritas sejumlah negara terus digalakan. Salah satu tujuan adalah menghadirkan vaksin Covid-19 .

Bahkan, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto ditugaskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan langkah diplomasi dengan pemerintah Jenewa ihwal pengadaan vaksin multilateral.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, Sri Mulyani telah mengirimkan vaccine request form kepada Covax Facility. Di mana, pengiriman dilakukan pada 7 Desember 2020 sesuai tenggat waktu yang disepakati bersama.

"Terdapat beberapa proses administrasi dan persiapan teknis yang harus dilakukan. Terutama oleh Kemenkes dan Kemenkeu. Salah satunya adalah pengiriman vaccine request form kepada Covax Facility. Pengiriman telah dilakukan pada 7 Desember sesuai tenggat waktu yang ditentukan," ujar Retno, dalam keterangan pers, Jakarta, Selasa (8/12/2020).

( )

Pemerintah juga tengah mempersiapkan ketersediaan alat diagnostic, therapeutic, dan vaksin untuk keperluan masyarakat. Di sisi ketersedian vaksin, pemerintah tengah menyiapkan kedatangan vaksin Sinovac 1,8 juta dosis pada akhir Desember 2020, 15 juta dosis vaksin berbentuk bahan baku.

Serta ketersedian 30 juta dosis bahan baku vaksin dalam bentuk curah yang ditargetkan tiba di Indonesia pada Januari 2021. Selain itu, diharapkan vaksin multilateral juga bisa masuk secara bertahap ke Indonesia pada 2021.

Sri Mulyani mencatat, total anggaran 2021 untuk pengadaan vaksin Covid-19 dan penanganan pandemi mencapai Rp60,5 triliun. Angka ini lebih besar dibandingkan dengan pencadangan anggaran vaksin pada 2020 yakni Rp35,1 triliun.

Adapun rinciannya anggaran pengadaan vaksin pada tahun depan diantaranya Rp18 triliun untuk antisipasi pengadaan vaksin Covid-19. Rp3,7 triliun antisipasi imunisasi atau program vaksinasinya.

( )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)