Investasi USD2 Miliar, Airlangga Sambut Baik Pengembangan Kendaraan Listrik Toyota di RI

Selasa, 08 Desember 2020 - 18:11 WIB
loading...
Investasi USD2 Miliar, Airlangga Sambut Baik Pengembangan Kendaraan Listrik Toyota di RI
Menko Airlangga menyambut baik rencana Toyota yang akan menyiapkan dana investasi hingga USD2 Miliar dalam 5 tahun ke depan dalam sektor mobil listrik. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menggelar pertemuan dengan manajemen Toyota pada Selasa (8/12/2020). Pertemuan yang digelar secara virtual itu, diikuti oleh Menko Airlangga didampingi oleh Deputi Bidang Koordinasi Kerjasama Ekonomi Internasional Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rizal Affandi Lukman.

Adapun, delegasi dari Toyota, dipimpin oleh Yoichi Miyazaki, Asia Region CEO Toyota Motor Corporation, yang mewakili Akio Toyoda, President Toyota Motor Corporation dan jajaran manajemen Toyota Indonesia. Airlangga menerangkan, bahwa sejumlah indikator pekonomian Indonesia sudah menunjukkan tren pemulihan. Data Purchasing Managers Index (PMI) Indonesia tercatat meningkat di November 2020.

(Baca Juga: Penjualan Mobil Listrik Ditargetkan Capai 20% di 2025 )

PMI Indonesia naik hampir tiga poin menjadi 50,6 pada November 2020, dari bulan sebelumnya di level 47,8. Indeks di atas 50 menunjukkan industri yang berekspansi, sebaliknya indeks di bawah 50 menunjukkan kegiatan terkontraksi.

“Indikator ini menunjukkan kegiatan produksi sudah mulai bergerak, kepercayaan masyarakat mulai pulih, dan daya beli diharapkan bisa mengikuti dan segera menunjukkan perbaikan,” ujar Airlangga.

Dalam pertemuan tersebut, manajemen Toyota mengapresiasi pemerintah Indonesia yang telah menciptakan iklim berusaha yang kondusif, sehingga Toyota dapat berkontribusi dalam pengembangan industri otomotif di Indonesia.

Tahun ini, lanjutnya, juga menandai 50 tahun beroperasinya Toyota di Indonesia. Selain itu, Toyota kembali mempertegas komitmennya atas keberlanjutan pengembangan otomotif dan juga industri otomotif di tanah air. Salah satu caranya, adalah dengan mempersiapkan rencana pengembangan dan produksi kendaraan listrik hingga 2025 mendatang.

“Toyota berkomitmen penuh untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam mengurangi emisi, dan juga mengurangi impor minyak bagi kendaraan bermotor. Setidaknya, dalam 5 tahun ke depan, Toyota sudah menyiapkan 10 jenis kendaraan listrik bagi konsumen Indonesia. Teknologi kendaraan Toyota juga sudah siap untuk mendukung penerapan B30 di Indonesia,” papar Yoichi Miyazaki.

Toyota menyiapkan dana investasi hingga USD2 Miliar dalam 5 tahun ke depan. Toyota juga memperkirakan, konsumsi bahan bakar akan mengalami penurunan hingga 126 juta liter bahan bakar pada tahun 2025.

Selain memaparkan mengenai rencana pengembangan bisnis ke depan, manajemen Toyota juga menyambut baik Omnibus Law UU Cipta Kerja yang diharapkan dapat memperbaiki iklim investasi dan perluasan lapangan pekerjaan di Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1623 seconds (0.1#10.140)