Di Era Pandemi, Ini yang Jadi Perhatian Para Pelaku Bisnis

Rabu, 09 Desember 2020 - 16:29 WIB
loading...
Di Era Pandemi, Ini yang Jadi Perhatian Para Pelaku Bisnis
Pelaku bisnis terus mencermati perubahan perilaku konsumen di masa pandemi Covid-19 ini. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Perilaku konsumen yang berubah akibat pandemi Covid-19 terus menjadi perhatian para pelaku bisnis. Chief Education Officer di Sekolah Bisnis Stephen M Ross, Universitas Michigan, Melanie Weaver Barnett mengatakan, hasil survei yang dilakukan oleh University of Michigan Ross School of Business menyebutkan bahwa sebanyak 68% pemimpin bisnis di Indonesia mengatakan bisnis mereka paling dipengaruhi oleh ketidakpastian tentang konsumen di masa depan.

(Baca Juga: 5 Fakta Menarik Perilaku Traveling di Liburan Akhir Tahun)

"Selain takut penurunan revenue, ketidakpastian perilaku konsumen di masa depan juga menjadi perhatian. Sehingga kita berusaha melihat apa yang harus dilakukan bisnis dan manajemennnya untuk menghadapi perubahan perilaku konsumen," ujarnya dalam webinar, Rabu (9/12/2020).

Melanie melanjutkan, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi pelaku bisnis dalam 3 hingga 5 tahun ke depan. Pertama, kenaikan penjualan pada e-commerce. Kedua, berkurangannya aktivitas fisik dan interaksi dengan klien, dan ketiga, pergeseran dari cara bekerja tradisional dalam waktu singkat.

Menurut dia, dalam survei yang dilakukan, para pelaku bisnis menyadari pentingnya soft skills dan technical skills. Sebanyak 39% menyatakan soft skills yang paling dibutuhkan. Kemudian sebanyak 53% menyatakan bahwa soft skills dan technical skills sangat dibutuhkan, dan sisanya sebanyak 8% menyatakan hanya technical skills saja yang dibutuhkan.

(Baca Juga: Ini Alasan Konsumen Belanja Gila-Gilaan di Tanggal Kembar)

"Dalam situasi saat ini, dibutuhkan soft skill seperti kepemimpinan untuk memberikan solusi pada saat sulit. Pimpinan juga harus mampu memberikan motivasi dan pelayanan kepada pelanggan dan stakeholders terutama di saat-saat sulit," jelasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1740 seconds (0.1#10.140)