Menata Teras Agar Nyaman saat Lebaran

Rabu, 13 Mei 2020 - 09:49 WIB
loading...
Menata Teras Agar Nyaman saat Lebaran
Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Karena sering dianggap sebagai ruang tambahan, fungi teras rumah dan furnitur di dalamnya pun jarang menjadi perhatian pemilik rumah. Nah, agar teras tetap terlihat cantik saat Lebaran, Anda bisa menatanya dengan furnitur yang tepat.

Bangku sebagai furnitur utama di teras pun harus bisa menjamin kenyamanan keluarga saat bersantai. Bangku atau kursi adalah furnitur utama yang semestinya ada di teras.

Desain furniturnya pun terus berubah, mulai bangku teras bergaya klasik menggunakan ukiran dan spon sebagai bantalannya, gaya minimalis berupa cor semen ekpos, hingga bangku berbahan kayu asli dengan gaya tradisional.

“Teras biasanya ada di ruang semiterbuka. Area ini menjadi perantara antara bagian luar dan dalam rumah. Dalam pemilihan furnitur, tentunya harus disesuaikan dahulu besaran terasnya, jangan sampai salah memilih atau membuat teras terlihat penuh," ungkap desainer interior Lea Aziz.

Ada beberapa jenis furnitur yang bisa dijadikan pilihan untuk menghias kamar, seperti furnitur dari material kayu. Dari sisi kekuatan, bangku kayu untuk teras harus kuat menahan pengaruh cuaca. Karena itu, furnitur tersebut harus dilindungi finishing yang tepat.

"Bangku dengan material kayu memiliki kesan natural tersendiri, di-finishing atau tidak di-finishing keduanya memiliki kesan," kata Lea. (Baca: Rumah Nyaman Bisa Jadi Alternatif Kantor Kedua)

Faktor lain yang dipertimbangkan adalah ketinggian sebuah bangku. Jangan sampai posisi kaki tidak nyaman ketika duduk. "Desainnya harus disesuaikan dengan kebutuhan, jangan sampai kenikmatan beristirahat terganggu karena salah memilih bangku yang tepat di teras," tuturnya.

Lea menambahkan, pada dasarnya memilih furnitur untuk teras harus tetap ergonomis agar nyaman dan cocok untuk bersantai. Ketinggiannya pun harus disesuaikan dengan kebiasaan anggota rumah ketika bersantai.

Tidak hanya tepat dalam memilih furnitur yang ingin diletakkan di teras, Anda juga harus tahu cara merawat furnitur yang ada di teras. Namun, Anda tidak perlu khawatir, meski memerlukan perhatian ekstra, bukan berarti sulit perawatannya.

Bila Anda menggunakan bantal kursi di teras, gunakan mesin vakum untuk mengangkat debu atau cukup jemur bantal di bawah sinar matahari sambil sesekali dipukul-pukul untuk menghilangkan debu yang menumpuk.

Jika terdapat noda membandel, buat larutan penyemprot yang terdiri dari bahan-bahan seperti 1,5 gelas air, 1 sendok teh sabun cuci cair, dan 1 sendok makan boraks. Setelah diaduk merata, semprotkan pada seluruh sisi bantal. Berikan perhatian lebih pada lekukan atau lipatan bantal. Setelah itu, jemur bantal di bawah sinar matahari langsung. (Baca juga: Irit Biaya dengan Desain Hemat Energi di rumah Anda)

Sementara untuk furnitur kayu, cukup taburkan baking soda di permukaan kayu dan diamkan selama satu jam. Setelah itu, tinggal dilap dengan kain. Untuk furnitur plastik berwarna putih, basahi kain lap dengan sabun berpemutih yang dicampur air hangat. Usapkan pada permukaan furnitur dan jemur di bawah sinar matahari.

"Furnitur plastik warna-warni prinsipnya hampir sama dengan membersihkan furnitur plastik putih. Bedanya, hindari terlalu sering meletakkan furnitur berwarna di bawah sinar matahari karena akan membuat warnanya cepat pudar," paparnya. (Aprilia S Andyna)
(ysw)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2574 seconds (11.252#12.26)