Mau Keuangan Tetap Aman Saat Liburan? Perhatikan 5 Hal Ini

Minggu, 13 Desember 2020 - 15:02 WIB
loading...
Mau Keuangan Tetap Aman Saat Liburan? Perhatikan 5 Hal Ini
Libur akhir tahun sudah di depan mata, persiapkan semua sebaik-baiknya agar liburan hemat dan tetap bermakna. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pergi berlibur tampaknya menjadi rencana bagi banyak orang di akhir tahun ini. Namun, dalam kondisi pandemi dan ekonomi yang belum pulih dari guncangan, ada baiknya liburan akhir tahun Anda dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

Menurut Survei Perilaku Masyarakat di Masa Pandemi yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), sebanyak 19,3% responden merasa sangat mungkin terjangkit virus Corona. Sementara itu, 29,4% responden merasa dirinya mungkin terinfeksi Covid-1. Kemudian, sebanyak 34,3% lainnya mengatakan cukup mungkin, 12,5% merasa tidak mungkin terkena, dan 4,5% merasa sangat tidak mungkin terkena.

(Baca Juga: Menparekraf Pastikan Penerapan CHSE di Bali Sebelum Liburan Akhir Tahun)

Kekhawatiran ini memengaruhi jumlah masyarakat yang bepergian untuk berlibur. Hal ini tentunya sangat berdampak terhadap pendapatan sektor usaha yang berkaitan dengan pariwisata. BPS menyebutkan bahwa kunjungan wisatawan ke Indonesia belum pulih, dan cukup banyak kegiatan rapat atau training yang umumnya diselenggarakan di hotel, kini beralih ke virtual.

Meski masih ada kekhawatiran, kondisi-kondisi ini juga memunculkan kesempatan yang bisa dimanfaatkan buat mereka yang ingin berlibur akhir tahun ini. Berikut adalah tips cerdas yang dikutip dari Lifepal.co.id bagi Anda yang ingin mengadakan liburan akhir tahun ke luar luar kota, agar keuangan tetap terjaga.

1. Staycation di luar kota saja
BPS juga melaporkan bahwa, tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang di Oktober 2020 adalah 37,48%. Angka ini disebut meningkat 5,36 poin ketimbang September 2020, namun masih dinyatakan menurun 19,29 poin dari periode yang sama di tahun 2019.

Dengan belum pulihnya kunjungan wisatawan ke Indonesia, maka peluang terhadap harga diskon kamar masih terbuka lebar. Anda pun bisa menemukan diskon-diskon tersebut di aplikasi booking tiket pesawat, hotel, wisata, dan kuliner yang ada, atau dengan penawaran khusus travel agent.

Staycation dengan keluarga di luar kota tentu menjadi pilihan yang cerdas. Pasalnya, Anda berkesempatan merasakan pengalaman menginap di hotel mewah dengan harga yang lebih murah dari pasaran.

Di samping itu, staycation pun cenderung lebih aman terhadap risiko terjangkitnya virus Covid-19 ketimbang Anda harus mengunjungi destinasi wisata dan bertemu dengan banyak orang.

Jikalau Anda berniat keluar hotel dan mengunjungi pusat perbelanjaan atau tempat makan sesekali, tetaplah untuk taat dengan protokol kesehatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1771 seconds (0.1#10.140)