Hal Ini Perlu Dipertimbangkan sebelum Membuat Garasi

loading...
Hal Ini Perlu Dipertimbangkan sebelum Membuat Garasi
Perlu perencanaan matang sebelum membangun garasi mobil di rumah. (Foto: Dok/Arsitektropis)
JAKARTA - SAAT akan memiliki rumah, salah satu yang menjadi bahan pertimbangan adalah keberadaan garasi. Paling tidak Anda akan bertanya, perlukah membuat garasi di rumah?

Keberadaan garasi menjadi penting karena dapat memengaruhi tampak muka bangunan. Komposisi pagar perlu dibuat terpisah atau digabung dengan pintu masuk. Belum lagi karena garis sempadan bangunan (GSB) yang perlu diperhatikan, karena akan mempengaruhi pengaturan driveway.

‚ÄĚLebar garasi mobil minimal 2,4 m, seperti persyaratan lebar parkir kota Jakarta dengan panjang 4,5 m. Yang paling nyaman buat dengan ukuran 3 m x 6 m," jelas arsitek Yoshi Fajar Kresno.

Jika teras Anda berada di lahan yang luas, garasi dibuat menyatu dengan gudang. Ruangan ini diatur seperti lemari dengan kedalaman lemari 60 cm, tidak lagi seperti dulu yang perlu satu ruang khusus. Luas tanah yang makin lama mengecil sesuai kemampuan daya beli mengharuskan kita mulai memikirkan hal esensial dalam mendesain program ruang.



"Dalam membuat garasi, luas kavling harus dikurangi lebarnya sekitar 3 m. Jadi, memang garasi menjadi dominan di tampak depan rumah," tambahnya.

Ventilasi juga menjadi perhatian penting, jika memungkinkan buat ventilasi silang karena asap monoksida mobil yang berbahaya. Dengan kebutuhan manuver masuk mobil yang harus cukup, maka biasanya mobil masuk dengan knalpot menghadap ke dalam. Jika adanya ventilasi, akan memberikan keuntungan asap tidak langung masuk ke dalam rumah.
(wan)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top