Redam Noise dengan Sound Control Underlayment

Rabu, 16 Desember 2020 - 07:30 WIB
loading...
Redam Noise dengan Sound Control Underlayment
Sistem pengontrol noise di gedung bertingkat sangat diperlukan demi kenyamanan pengguna. (Foto: Dok/Simtex Mechatronic Indojaya)
A A A
JAKARTA - SUARA yang mengganggu atau yang sering dikenal dengan istilah noise adalah masalah yang kerap ditemukan saat melakukan pembangunan atau konstruksi.

Suara dapat merambat melalui berbagai media perambatan, begitu juga dengan noise. Noise secara umum dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni airborne dan structure-borne.

Airborne noise adalah jenis-jenis suara yang ditransmisikan melalui udara dan kemudian merambat melalui benda padat. Contohnya adalah suara musik, percakapan orang, suara mesin, dan lain-lain. Sedangkan structure-borne noise adalah jenis-jenis suara yang dihasilkan atau diakibatkan ketika suatu benda atau objek berbenturan dengan struktur yang kokoh. Contohnya bunyi langkah kaki, suara benda jatuh, dan lain-lain.

Menurut Edbert, engineer dari PT Simtex Mechatronic Indojaya, salah satu media atau sumber perambatan utama dari noise adalah lantai. Sebagai contoh suara-suara mengganggu di atas, yakni bunyi-bunyi dari langkah kaki, suara musik dari radio atau televisi, percakapan atau suara benda yang jatuh ke lantai.

“Suara-suara yang tidak diinginkan ini dapat merambat melalui lantai dan dapat menjadi gangguan ketika orang sedang ingin beristirahat, berkonsentrasi, bekerja, atau sedang ingin rileks,” ujar Edbert.

Masalah akustik ini merupakan persoalan sangat penting untuk diatasi dengan baik, terutama untuk pembangunan atau konstruksi gedung-gedung bertingkat, seperti apartemen, kantor, hotel, rumah sakit, dan lain-lain. Hal ini tentu karena noise dapat sangat memengaruhi konsentrasi, terutama untuk lokasi-lokasi yang berdekatan dengan sumber suara yang mengganggu, seperti ruang mesin, arcade, dan gym.

Sebagai contoh, ketika sedang berada di hotel atau apartemen, ada beberapa kasus terdengar suara mengganggu dari ruangan sebelah seperti suara langkah kaki anak yang sedang berlari atau teriakan-teriakan anak kecil. Sedangkan masing-masing telah membayar cukup mahal untuk tinggal di tempat tersebut dan kenyamanan tentu perlu untuk dijaga.

“Namun, tentu tidak mungkin untuk melarang anak-anak kecil bermain karena mereka anak-anak. Tetapi, di lain pihak, masalah ini akan mengganggu pihak lain yang sedang bekerja atau ingin beristirahat,” tutur Edbert.

Untuk mengatasi masalah akustik tersebut, maka digunakanlah GenieMat RST dari Pliteq. GenieMat RST membuat isolasi peredaman yang menjadi solusi untuk masalah tersebut.GenieMat RST merupakan suatu alas yang dirancang khusus untuk mengurangi vibrasi suara yang merambat melalui lantai.

"Alas ini digunakan langsung di bawah permukaan lantai yang keras dan di atas beton dan konstruksi kayu. Hal ini dikenal juga dengan istilah sound control underlayment,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1981 seconds (0.1#10.140)