Pertamina Gelontorkan Rp44,4 Miliar ke UMKM lewat Pinky Movement

Rabu, 16 Desember 2020 - 19:30 WIB
loading...
Pertamina Gelontorkan Rp44,4 Miliar ke UMKM lewat Pinky Movement
VP CSR & SMEPP Management Pertamina Arya Dwi Paramita memaparkan Program Kemitraan Pinky Movement dalam webinar UMKM Bangkit Dorong Penggunaan LPG Nonsubsidi di Jakarta, Rabu (16/12/2020). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Program Kemitraan Pinky Movement Pertamina hingga pertengahan Desember 2020 ini telah menyalurkan lebih dari Rp44,4 miliar modal usaha bagi ratusan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan outlet LPG.

Pinky Movement merupakan program pinjaman modal usaha yang diberikan kepada UMKM outlet LPG untuk mengembangkan bisnisnya dengan menjual LPG non-subsidi. Selain itu, diberikan pula kepada UMKM pengguna LPG subsidi yang ingin beralih menggunakan LPG non-subsidi.

(Baca Juga: Melalui Program Kemitraan, Pertamina Sasar Kemandirian UMKM)

Selain modal usaha, UMKM binaan juga akan mendapatkan pembinaan berupa pelatihan dan asistensi sertifikasi yang dibutuhkan. Pertamina melakukan pembinaan, mempertemukan mitra binaan dengan ekosistemnya sehingga bisa mandiri dan terus bertumbuh dan berkelanjutan.

"Tujuan pembinaan ini adalah agar pelaku UMKM tersebut dapat meningkatkan kompetensinya, mengembangkan bisnisnya, sehingga bisa naik kelas menjadi UMKM yang tangguh dan mandiri," ungkap VP CSR & SMEPP Management Pertamina Arya Dwi Paramita dalam webinar bertajuk "UMKM Bangkit Dorong Penggunaan LPG Nonsubsidi" di Jakarta, Rabu (16/12/2020).

Sementara itu, Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menjabarkan, penyaluran modal usaha melalui Pinky Movement diberikan kepada 112 UMKM binaan Pertamina dan 425 outlet LPG non-subsidi.
"Penyaluran ini diharapkan juga dapat membantu para UMKM dan outlet LPG agar segera bangkit dari dampak pandemi serta sarana edukasi agar menggunakan LPG subsidi tepat sasaran," jelasnya.

Fajriyah mengatakan, Pertamina menargetkan program Pinky Movement dapat menyasar setidaknya untuk 2.000 UMKM-outlet LPG dan 100 usaha kecil pengguna LPG.

(Baca Juga: Peringati HUT ke-63 Pertamina, Rumah BUMN Gelar Klinik Bisnis Online Serentak)

Di bagian lain, pelaku UMKM mitra binaan Pertamina Program Pinky Movement Yeni Arzah menuturkan, banyak kemudahan yang didapat setelah menjadi mitra binaan. "Seperti kemudahan untuk mendapatkan modal usaha serta kemudahan untuk mendapat stok LPG untuk dijual kembali. Tidak perlu wara-wiri lagi semua sudah terpenuhi dibantu Pertamina," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Arya mengatakan, bagi UMKM yang berminat mengikuti Program Kemitraan Pinky Movement, dapat menghubungi melalui telepon Pertamina 135 maupun mengakses situs www.pertamina.com/id/program-kemitraan dan email: pcc@pertamina.com.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1760 seconds (0.1#10.140)