IDX Channel Economic Outlook Festival 2021: Sinergi Pusat dan Daerah Mendorong Investasi

Rabu, 16 Desember 2020 - 22:58 WIB
loading...
IDX Channel Economic Outlook Festival 2021: Sinergi Pusat dan Daerah Mendorong Investasi
IDX Channel Economic Outlook Festival 2021 digelar Rabu (16/12/2020) mengangkat tema Menularkan Optimisme Investasi Ke Penjuru Negeri. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Seminar virtual (webinar) IDX Channel Economic Outlook Festival 2021 yang digelar Rabu (16/12/2020) sesi ketiga mengangkat tema ”Menularkan Optimisme Investasi Ke Penjuru Negeri”. Sebagai salah satu garda terdepan dalam tumbuh kembang iklim investasi, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melaksanakan koordinasi kebijakan dan pelayanan di bidang penanaman modal berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sebagai penghubung utama antara dunia usaha dan pemerintah, BKPM diberi mandat untuk mendorong investasi langsung, baik dari dalam maupun luar negeri, melalui penciptaan iklim investasi yang kondusif. Dalam masa sulit seperti saat pandemi covid-19, BKPM tetap menjalankan tugasnya untuk terus mendorong realisasi investasi.

Mengutip data BKPM, realisasi investasi sepanjang periode Juli-September (triwulan III) tahun 2020, mencapai Rp209 triliun. Sedangkan, data realisasi investasi secara kumulatif sepanjang periode Januari-September 2020 mencapai Rp611,6 triliun. Direktur Operasional IDX Channel Apreyvita Dyah Wulansari mengatakan, minat investor untuk berinvestasi di Indonesia cukup besar. Hal ini ditunjukkan dengan angka-angka yang berhasil ditorehkan BKPM selama masa pandemi. “Jika melihat data realisasi investasi BKPM menunjukkan peningkatan. Optimisme ini yang ingin kita bangun kepada investor agar dapat berinvestasi di Tanah Air,”ucap Apreyvita, di Jakarta, Rabu (16/12/2020).



Pada Webinar IDX Channel ‘Economic Outlook Festival 2021’ dengan sub tema, "Menularkan Optimisme Investasi Ke Penjuru Negeri" para narasumber diharapkan mampu menjelaskan mengenai peran aktif BKPM dalam rangka menumbuhkan optimisme investasi yang menjadi penggerak roda ekonomi Indonesia, melalui berbagai macam fasilitas dan kemudahan perizinan yang diberikan. Narasumber juga dapat memaparkan strategi untuk menumbuhkan kepercayaan investor untuk merealisasikan investasinya pada saat pandemi, serta menyampaikan capaian target 2020 serta proyeksi realisasi investasi di tahun 2021.

IDX Channel menghadirkan beberapa pembicara yang kompeten di antaranya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Staf Ahli Bidang Peningkatan Daya saing Penanaman Modal BKPM Heldy Satrya Putera, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat. Kemudian ada ekonom sekaligus Direktur Riset CORE Indonesia Piter Abdullah.



Berbagai analisa objektif dari kalangan ekonom dan akademisi, menyeimbangkan euforia optimisme pemulihan investasi setelah pandemi berlalu. Apalagi, dengan ditemukannya vaksin Covid-19, membuat stake holders bidang ekonomi dan investasi, tidak tahan untuk segera ‘lari kencang’ mengejar ketertinggalan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Untuk diketahui, IDX Channel merupakan TV Bursa Efek Indonesia (BEI). Saat ini, IDX Channel ditayangkan di saluran Indihome Channel 119, First Media Channel 298, MNC Vision Channel 100, www.Okezone.com, www.idxchannel.com serta live streaming on Youtube IDX Channel dan www.inews.id.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2184 seconds (0.1#10.140)