Ini Cara Milenial Ubah Status Anak Indekos Jadi Orang Rumahan

loading...
Ini Cara Milenial Ubah Status Anak Indekos Jadi Orang Rumahan
Kelompok milenial bisa memiliki hunian dengan perencanaan keuangan yang tepat. (Foto: Dok/Pinterest)
JAKARTA - GENERASI milenial dianggap sebagai generasi yang melek digital, namun minim literasi finansial. Kelompok ini dinilai sulit memiliki hunian karena gaya hidup yang cenderung konsumtif.

Jika hal ini terus terjadi, tidak heran bila cap anak kos selalu melekat pada generai milenial. Padahal, kini memiliki hunian idaman bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Lewat perencanaan keuangan tepat, maka rumah yang sesuai dengan kriteria akan terwujud.

Berikut ini beberapa tips agar para milenial memiliki hunian dengan perencanaan keuangan yang tepat. Seperti yang dilansir dari chase.com, langkah pertama untuk mewujudkan keinginan membeli rumah adalah dengan melunasi tagihan yang ada.

Tujuaannya agar pemberi kredit mempercayai Anda sebagai kreditur bisa tepat waktu membayar tagihan. Oleh karena itu, lunasi cicilan atau tagihan dan jangan sampai lewat jatuh tempo pembayaran.



Kedua, mulai untuk menabung untuk pembayaran uang muka rumah. Meski sulit, Anda memiliki uang yang cukup untuk membayar uang muka rumah. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti kenaikan harga rumah di area yang diminati dan berapa harga jualnya.

Ketiga, pilih lokasi yang terjangkau dengan kondisi keuangan. Semakin berkembang suatu lokasi, semakin mahal pula harga yang ditawarkan. Anda pun bisa memperluas pencarian rumah ke lingkungan yang belum pernah dipertimbangkan sebelumnya.

Langkah keempat, rumah dengan desain minimalis bisa jadi incaran yang tepat. Rumah mewah dianggap milenial harus memiliki perawatan ekstra, sehingga dana yang harus disiapkan pun besar. Sedangkan rumah minimalis minim perawatan dan memiliki tagihan listrik rendah, sehingga hunian minimalis bisa jadi pilihan tepat bagi yang ingin ganti status dari anak kos menjadi anak rumahan.



Soal pembiayaan yang masih dianggap tinggi tidak perlu dikhawatirkan, karena saat ini banyak bank yang menawarkan fasilitas kredit kepemilikan rumah (KPR).

"Harga rumah memang selalu meningkat setiap tahunnya, fasilitas KPR biasa jadi solusi bagi para milenial yang ingin memiliki rumah," jelas pengamat ekonomi dari Bank Permata Josua Pardede kepada SINDOnews.

Fasilitas KPR yang ditawarkan oleh bank biasanya dilengkapi dengan pilihan tenor dan cicilan yang fleksibel, tingkat bunga yang kompetitif, serta kemudahan dan manfaat lainnya. Selain itu, Josua menambahkan, dengan membeli properti sejak dini juga bisa menjadi investasi yang menarik dan relatif aman bagi milenial.
(wan)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top