Dikerubuti Sentimen Negatif Eksternal, Rupiah Diprediksi Loyo

Senin, 21 Desember 2020 - 09:49 WIB
loading...
Dikerubuti Sentimen Negatif Eksternal, Rupiah Diprediksi Loyo
Nilai tukar rupiah hari ini diperkirakan melemah akibat sejumlah sentimen negatif dari luar. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah pada perdagangan hari ini diprediksi melemah. Mata uang Garuda diperkirakan sulit bergerak akibat banyaknya sentimen negatif yang berasal dari luar negeri.

(Baca Juga: Hati-hati! Rupiah Diterpa Sentimen Negatif Luar Dalam)

Kepala Divisi Riset dan Analisis PT Monex Investindo Futures (MIFX ) Ariston Tjendra mengatakan, pagi ini kekhawatiran pasar uang terhadap kasus Covid-19 makin meninggi. Hal itu kemudian menekan nilai aset berisiko, meskipun Kongres AS telah mengabarkan kesepakatan stimulus fiskal jumbo sebesar USD900 miliar.

"Kekhawatiran soal virus ini bertambah dengan munculnya kabar varian baru Covid-19 yang menyebar luas di Inggris dan memicu lockdown baru di sana," kata Ariston di Jakarta, Senin (21/12/2020).

Selain itu, perseteruan terbaru AS dan China terkait blacklist perusahaan Negeri Panda di negeri Paman Sam ikut menjadi sentimen negatif.

(Baca Juga: Arab Saudi Hentikan Penerbangan Internasional karena Gelombang Baru Pandemi COVID-19)

"Hari ini ada potensi pelemahan rupiah terhadap dolar AS karena sentimen-sentimen negatif di atas. Rupiah berpotensi bergerak di kisaran Rp14.080-14.180 [er dolar AS untuk hari ini," jelasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2570 seconds (0.1#10.140)