Tips Memilih Tukang Bangunan Agar Sesuai Keinginan

Senin, 21 Desember 2020 - 19:46 WIB
loading...
Tips Memilih Tukang Bangunan Agar Sesuai Keinginan
Membangun rumah perlu perencanaan matang, termasuk dalam menentukan tukang bangunan. (Foto: Dok SindoNews)
A A A
MEMILIKI rumah atau tempat tinggal pribadi menjadi impian sebagian besar orang. Ketika akan membangun rumah, banyak hal yang perlu diperhatikan seperti lahan, anggaran, dan tukang bangunan.

Pemilihan tukang bangunan merupakan hal penting yang harus diperhatikan sebelum membangun rumah. Terlebih, tidak sedikit juga orang yang merasa dirugikan karena salah memilih tukang bangunan.

Untuk itu, ada baiknya Anda perlu mengetahui tips dalam memilih tukang bangunan. Menurut arsitek dari Arsitekpro Fajar Kresno Murti, pemilihan tukang itu diperlukan agar tidak kecewa dalam membangun rumah.

Langkah pertama, tentukan apa yang akan dikerjakan. Anda bisa membuat daftar apa saja yang akan dikerjakan oleh tukang bangunan beserta besaran-besaran pekerjaan yang akan dikerjakan.

Setelah membuat daftar rencana, Anda akan mengetahui beban atau tingkat kesulitan yang akan dikerjakan oleh tukang. "Jika besaran pekerjaan tergolong sedikit bisa menyewa jasa tukang bangunan harian. Tetapi jika pekerjaan banyak, sebaiknya menyewa jasa tukang bangunan borongan," kata Fajar.

Langkah kedua, sesuaikan anggaran karena dana menjadi salah satu yang perlu diperhatikan ketika akan membangun atau merenovasi rumah. Selain itu, dana untuk membayar jasa tukang juga bisa dilihat dari berapa luas bangunan yang dikerjakan dan berapa tingkat kesulitan desainnya.

"Untuk membangun atau merenovasi rumah sesuai dengan yang diharapkan, lebih baik lihat dahulu pekerjaan apa saja yang telah tukang bangunan kerjakan. Lihat kualitas seperti apa yang dihasilkan dari tukang bangunan tersebut," jelasnya.

Langkah ketiga bisa menggunakan jasa konsultan arsitek. Menggunakan jasa konsultan arsitektur ditujukan agar bisa dilakukan pengawasan terhadap kelancaran pekerjaan tukang. Peran arsitek juga bisa membantu menghitung biaya yang harus dikeluarkan dan memilih bahan sesuai kebutuhan.
(wan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1907 seconds (0.1#10.140)