Jelang Nataru, Pelindo I Benahi 10 Terminal Penumpang

Selasa, 22 Desember 2020 - 23:11 WIB
loading...
Jelang Nataru, Pelindo...
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo 1) melakukan persiapan di berbagai aspek untuk menghadapi libur Natal dan Tahun Baru. Mulai dari penyediaan sarana dan fasilitas, sistem koordinasi dan monitoring, hingga protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran Virus Covid-19 di 10 terminal penumpang yang dikelola oleh Pelindo 1.

“Kami juga tidak bosan mengajak para calon penumpang agar terus menegakkan protokol kesehatan. Dengan disiplin menerapkan social distancing, menggunakan masker, rajin mencuci tangan, sesuai dengan program pemerintah dalam upaya penanggulangan covid19 dengan aman, iman, dan imun,” ujar Direktur Operasi dan Komersial Pelindo 1 Ridwan Sani Siregar, Selasa (22/12/2020).

( )

Dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19, Pelindo 1 telah menyiapkan berbagai sarana dan fasilitas pendukung, seperti Thermal Gun/Scanner, Hand Sanitizer dan Fasilitas Cuci Tangan, Disinfektasi rutin Terminal Penumpang, Penerapan Physical Distancing, Penyediaan APD khusus untuk petugas operasional, serta sosialisasi terus-menerus kepada penumpang melalui berbagai channel, baik melalui flyer, spanduk, banner/poster maupun media sosial.

Selama rangkaian libur Natal dan Tahun Baru 2021, sejumlah kebijakan diterapkan seperti kapal penumpang akan mendapat prioritas utama sandar, serta dukungan kesiapan personil pandu dan kapal tunda.

“Pelindo 1 juga hanya melayani penumpang yang telah memegang tiket dan pas pelabuhan, mengutamakan penumpang berkebutuhan khusus, seperti anak-anak, manula, dan disabilitas, serta memaksimalkan ketertiban dan kenyaman penumpang di terminal,” ujar Ridwan Sani.

( )

Selain itu, penerapan Protokol Kesehatan di terminal penumpang Pelindo 1 juga mengikuti Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor. SE 21 Tahun 2020 tanggal 19 Desember 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Laut Selama Masa Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dan aturan pemerintah setempat lainnya, yang berkoordinasi dengan instansi terkait dalam pemantauannya.

"Untuk itu kami menghimbau kepada setiap calon penumpang agar mengikuti syarat dan ketentuan dari pemerintah tentang aturan protokol kesehatan khususnya untuk perjalanan angkutan laut,” jelas Ridwan lebih lanjut.

Perseroan merupakan penyedia jasa kepelabuhanan di Sumatera bagian Utara, dengan mengelola 10 terminal penumpang di Sumatera Utara, Riau, dan Kepri, yang melayani hingga 5,4 juta penumpang setiap tahunnya, dengan lima di antaranya melayani rute penumpang internasional.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1506 seconds (0.1#10.140)