Resmi Jadi Mendag, Lutfi Bisa Jadi Jembatan UMKM RI ke Pasar Dunia

Rabu, 23 Desember 2020 - 12:33 WIB
loading...
Resmi Jadi Mendag, Lutfi Bisa Jadi Jembatan UMKM RI ke Pasar Dunia
Dengan segudang pengalaman, Lutfi diyakini akan bisa mendorong usaha kecil dan menengah di Indonesia untuk naik kelas dan masuk ke pasar dunia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Ketua Nasional Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) untuk Jokowi Ma'ruf, Eka Sastra mengapresiasi penunjukan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) . Dia juga meyakini bahwa Lutfi adalah orang yang paling cocok duduk sebagai Menteri di Kementerian Perdagangan.

"Kami sangat mengapresiasi pilihan Presiden terhadap Muhammad Lutfi, menurut kami ini adalah langkah maju untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional," ujar Eka di Jakarta, Rabu (23/12/2020).

(Baca Juga: Resmi Jadi Mendag, Ini Agenda Utama Muhammad Lutfi )

"Latar belakang dan pengalamannya di bidang bisnis, organisasi, maupun Pemerintahan membuat Lutfi adalah orang yang paling cocok duduk sebagai Menteri Perdagangan saat ini," sambung Eka.

Sebagaimana diketahui, Muhammad Lutfi yang juga merupakan Ketua Dewan Penasehat REPNAS pernah duduk sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Menteri Perdagangan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Lutfi pun juga pernah menjadi menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Jepang dan Federasi Mikronesia, dan terakhir sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat.

Rekam jejak Muhammad Lutfi di organisasi juga menjadi alasan mengapa Eka sangat meyakini kompetensi Lutfi. Dalam hal ini, Muhammad Lutfi pernah menjadi Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan Wakil Ketua Umum KADIN bidang UKM.

Dengan segudang pengalaman ini, Lutfi diyakini akan bisa mendorong usaha kecil dan menengah di Indonesia untuk naik kelas dan masuk ke pasar dunia. "Pengalaman beliau bisa dijadikan sebagai jembatan bagi pelaku dan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk masuk ke pasar dunia, ini kesempatan emas bagi Indonesia untuk mempercepat pemulihan ekonomi," ujar Eka.

Apalagi dengan kondisi ekonomi Indonesia yang tengah dihantam oleh Pandemi Covid-19, banyak pelaku usaha UMKM yang terkena dampaknya. Padahal sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia, UMKM adalah penopang perekonomian nasional, dengan kontribusi UMKM terhadap PDB Indonesia yang mencapai 60% dan penyerapan tenaga kerja UMKM yang mencapai hampir 98% dari total penyerapan tenaga kerja.

(Baca Juga: Diangkat Jadi Menteri, Muhammad Lutfi: Mendag Seperti Wasit )

Dengan tantangan yang besar di bidang ekonomi, maka penunjukkan orang yang punya latar belakang dan pengalaman di sektor ekonomi menjadi sangat penting. Apalagi di masa seperti ini, sambung dia, keputusan-keputusan penting terkait pembangunan ekonomi harus segera diambil.

"Kita harus bergerak cepat keluar dari masa resesi, tanpa orang yang kaya pengalaman, keputusan keputusan yang cepat dan strategis akan sulit untuk diambil”, kata Eka.

Penunjukan orang yang memiliki segudang pengalaman di UMKM dan dunia internasional seperti Muhammad Lutfi pun menjadi suatu keharusan untuk mempercepat pemulihan ekonomi. "Akselerasi dalam pemulihan ekonomi nasional membutuhkan orang yang kompeten dan berpengalaman, kami sangat yakin Lutfi adalah jawaban untuk Perdagangan Indonesia," tegas Eka.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1022 seconds (0.1#10.140)