Kembangkan Potensi Pertanian, Penyuluh Harus Cerdas dan Kreatif

Rabu, 23 Desember 2020 - 13:23 WIB
loading...
Kembangkan Potensi Pertanian, Penyuluh Harus Cerdas dan Kreatif
Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi virtual meeting dengan Kusmana, BPP Cibeber Cianjur (bawah kiri) dan Ridwan E Gultom, Kostrada Serdang Bedagai, Sumut (kanan bawah) didampingi anchor Ngobras, Septalina Pradini. (Foto: Dok. Pusluhtan)
A A A
JAKARTA - Petani di seluruh Indonesia mendambakan penyuluh pertanian cerdas dan kreatif untuk mengembangkan potensi pertanian. Penyuluh juga dituntut untuk mengatasi kendala dan tantangan serta mendukung pengembangan pertanian dari hulu ke hilir.

“Petani akan tersenyum bahagia, didukung penyuluh kreatif dan cerdas mengakomodir kepentingan petani. Penyuluh sampaikan kepentingan petani pada pemerintah pusat dan daerah serta pihak swasta selaku mitra bisnis,” kata Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi melalui virtual meeting di Jakarta, Rabu (23/12).

(Baca juga:Mentan Ajak Penyuluh Pertanian Paham Agroklimat Antisipasi La Nina)

Dedi Nursyamsi mengajak seluruh penyuluh mendampingi dan mengawal petani lebih giat pada 2021. Sektor pertanian terbukti mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19, sebagai penyelamat ekonomi nasional karena mampu tumbuh 2,15% sementara ekonomi nasional minus.

“Buatlah petani tersenyum, maka produktivitas naik, kesejahteraan petani meningkat, ketersediaan pangan lebih dari cukup sekaligus mendukung ekspor komoditas pertanian,” kata Dedi mengutip arahan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

(Baca juga:Penyuluh Pertanian harus Aktif Input dan Update Data Petani)

Di hadapan 200 partisipan virtual meeting via Agriculture Operation Room (AOR) dari BPP KostraTani, Kostrada dan Kostrawil, Dedi mengingatkan cara membuat petani tersenyum tergolong sederhana. Sarana dan prasarana produksi, modal, inovasi teknologi, pendampingan dan pengawalan hulu-hilir oleh penyuluh dan hasil panen terjual layak yang menguntungkan petani.

“Belilah komoditas pangan yang ditanam oleh petani kita. Mereka saudara kita penyedia pangan. Petani tersenyum karena seluruh rakyat membeli hasil produksi pahlawan pangan tersebut,” katanya.

(Baca juga:Kementan Dorong Sertifikasi Calon ASN PPPK Penyuluh Pertanian)

Kusmana, Koordinator BPP KostraTani Cibeber di Kabupaten Cianjur, Jabar melaporkan tentang distribusi Kartu Tani sejak September 2020. “Pada masa transisi distribusi pupuk subsidi 2020 ke 2021, diharapkan kelangkaan pupuk subsidi dapat diatasi melalui koordinasi dengan pihak terkait,” kata Kusmana.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1769 seconds (0.1#10.140)