Siap-siap! BPK Bongkar Hasil Audit Bansos Januari 2021

Selasa, 29 Desember 2020 - 16:43 WIB
loading...
Siap-siap! BPK Bongkar Hasil Audit Bansos Januari 2021
BPK bakal mengumumkan hasil audit pemeriksaan program bantuan sosial (bansos) pada Januari 2021. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bakal mengumumkan hasil audit pemeriksaan program bantuan sosial (bansos) yang digelontorkan pemerintah melalui Kementerian Sosial dalam rangka penanganan dampak pandemi virus Covid-19.

(Baca Juga: BPK Periksa Tiga Perusahaan Terkait Korupsi Bansos)

Anggota III BPK Achsanul Qosasi mengatakan, hasil audit akan dibuka pada Januari 2021. Program bansos ini diperiksa dikarenakan menjadi objek dugaan korupsi yang melibatkan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara.

"InsyaAllah akhir Januari (2021) nanti, BPK akan mengumumkan hasil pemeriksaan terkait bansos," ungkap Anggota III BPK Achsanul Qosasi secara virtual kepada awak media, Selasa (29/12/2020).

Menurut dia, audit pemeriksaan sudah berada pada tahap akhir. Fokus pemeriksaan menyasar tiga hal, yaitu kriteria pemilihan rekanan, kualitas bansos, dan distribusi karena dianggap merupakan tiga hal yang paling bersentuhan langsung ke masyarakat. "Termasuk pemilihan rekanan Kemensos, saat ini karena tanpa tender dan siapa pun bisa bekerja dengan Kemensos," tegasnya.

(Baca Juga: Tetap Ada Celah untuk Dimainkan dari Bansos ala Mensos Risma)

Saat ini, BPK akan memperluas cakupan pemeriksaan terhadap pengadaan bantuan sosial atau bansos penanganan Covid-19 di Kementerian Sosial (Kemensos) tahun 2020. Adapun, pemeriksaan sudah berjalan dalam tahap akhir.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1557 seconds (0.1#10.140)