Mendes Pastikan BLT untuk Desa Cair Sebelum Lebaran

Kamis, 14 Mei 2020 - 15:48 WIB
loading...
Mendes Pastikan BLT untuk Desa Cair Sebelum Lebaran
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi memastikan akan terus memantau Bantuan Langsung Tunai (BLT) di setiap desa.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengatakan BLT dipastikan akan didistribusikan sebelum Lebaran untuk tahap pertama.

"Kita melakukan percepatan penyaluran BLT desa ke semua kabupaten sebelum Lebaran. Dana BLT desa akan disalurkan untuk tahap pertama dan sangat ditunggu rakyat. Jadi jangan biarkan rakyat kelaparan," ujar Abdul Halim di Jakarta, Kamis (14/5/2020).

Dia melanjutkan BLT dana desa saat ini sudah tersalurkan di beberapa desa. Adapun di Jawa Timur, BLT untuk desa sudah tersalurkan 100% dan sisanya menyusul.

"Kalau dari hasil pemantauan kami, semua desa sudah dapat BLT. Nah sisanya nanti menyusul," katanya.

Dia menambahkan BLT dana desa seluruhnya diberikan dalam bentuk uang tunai kepada masyarakat desa.

Tata cara penyaluran BLT tersebut bisa secara langsung diserahkan ke warga dan melalui transfer rekening bank. Besaran BLT yang diserahkan yakni Rp 600.000 per bulan untuk setiap keluarga miskin di desa. Baca Juga: 5,8 Juta Warga Miskin Desa Dapat Rp600 Ribu, Ini Skemanya

"Kami berkali-kali mengimbau ke bupati untuk percepatan dan sinkornisasi agar kepala desa menyalurkan BLT. Setiap hari dan setiap malam, kami berkoordinasi dengan kementerian dan eselon satu untuk memastikan pekerjaan ini," katanya.
(bon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)