Rupiah Punya Potensi Menguat di Awal Tahun Saat Dolar AS Tertekan

Senin, 04 Januari 2021 - 09:20 WIB
loading...
Rupiah Punya Potensi Menguat di Awal Tahun Saat Dolar AS Tertekan
Nilai Tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) punya potensi penguatan di awal tahun 2021, seiring sentimen positif global. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Nilai Tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) punya potensi penguatan di awal tahun 2021, seiring sentimen positif global. Di antaranya yakni ekspektasi stimulus lanjutan AS, tercapainya kesepakatan BREXIT dan mulai gencarnya vaksinasi covid-19 di dunia.

(Baca Juga: UU Ciptaker (Konon) Bikin IHSG dan Kurs Rupiah Perkasa )

Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, senntimen di atas mendorong pasar masuk ke aset berisiko. "Indeks dollar AS juga masih tertekan di area 89. Nilai tukar major dan emerging market currency umumnya bergerak menguat terhadap dollar AS," kata Ariston di Jakarta, Senin (4/1/2021).

Dari tanah air, pasar akan mewaspadai laporan kenaikan kasus covid-19 yang bila menimbulkan kebijakan pembatasan bisa mendorong pelemahan rupiah . "Potensi rupiah di kisaran Rp13.950 hingga Rp14.100 per USD," tandasnya.

Sebelumnya Rencana Pemprov DKI Jakarta memberlakukan kembali pengetatan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta menimbulkan kecemasan pelaku pasar. Direktur PT. Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan, hal ini akan berdampak negatif terhadap pemulihan ekonomi nasional.

(Baca Juga: Rencana Pemberlakuan PSBB Ketat di DKI Picu Kecemasan Pasar )

"Hal ini menjadi sentimen negatif yang menyebabkan pasar terkoreksi di dua hari terakhir perdagangan saham di Desember 2020," kata Hans Kwee di Jakarta, akhir pekan kemarin.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3354 seconds (0.1#10.140)