Ini Syarat Penting sebelum Memilih Apartemen

Senin, 04 Januari 2021 - 16:44 WIB
loading...
Ini Syarat Penting sebelum Memilih Apartemen
Hunian vertikal tetap menjadi pilihan strategis masyarakat perkotaan. (Foto: Dok. Pinterest)
A A A
KEHIDUPAN perkotaan yang cenderung dinamis membuat segala sesuatunya mesti serba cepat dan efisien. Tidak heran, memiliki hunian di lokasi strategis menjadi dambaan masyarakat kota karena dinilai dapat memudahkan mobilitas sehari-hari.

Hunian di kota terbagi menjadi dua, yakni landed house (rumah tapak) dan hunian vertikal, seperti apartemen. Namun, di perkotaan dengan kepadatan penduduk tinggi dan pembangunan masif, lahan untuk rumah tapak kian terbatas. Kalaupun ada, dipastikan harganya menjulang tinggi.

Dalam situasi seperti ini, kehadiran apartemen dianggap mampu menjadi solusi atas masalah tersebut. Lagi pula, bagi kaum profesional hidup di apartemen jauh lebih praktis dan efisien. Sebab, hunian vertikal umumnya dibangun di lokasi strategis, berdekatan dengan pusat bisnis dan berbagai fasilitas lainnya.

Pengamat bisnis properti Panangian Simanungkalit mengatakan, faktor kepraktisan yang mendorong apartemen semakin diminati masyarakat. Meski kebutuhan tempat tinggal masyarakat perkotaan sudah terjawab lewat kehadiran apartemen, jangan buru-buru memutuskan untuk membelinya. Ada baiknya pertimbangkan dahulu beberapa hal seperti reputasi dan rekam jejak pengembang.

Guna menghindari risiko yang tidak diinginkan Panangian menyarankan untuk membeli apartemen langsung dari pengembang properti ternama. Pengembang dengan reputasi baik umumnya telah memenuhi segala aspek mulai dari sistem manajemen yang baik, berkredibilitas, dan ilegal secara hukum.

Bahkan, tidak jarang pengembang ternama memberikan layanan purnajual sebagai bentuk komitmen dalam melayani konsumen. "Pengembang ternama biasanya memiliki jumlah proyek yang tidak sedikit. Pastikan juga proyek yang dibangun selesai tepat waktu," katanya.

Faktor kedua yang harus diperhatikan adalah lokasi dan fasilitas sangat nyaman. Pertimbangan ini semakin mutlak mengingat jalanan perkotaan seperti di Jakarta begitu akrab dengan kemacetan.

Kenyamanan tinggal di apartemen juga ditentukan dari ketersediaan fasilitas penunjang yang memudahkan hidup para penghuninya. Seperti pusat kebugaran, tempat bermain anak, kolam renang, dan ruang serba guna.

"Selain strategis, calon pembeli juga wajib memastikan lokasi apartemen berada di lingkungan yang aman," tuturnya.
(wan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1650 seconds (10.101#12.26)