Raffi Ahmad hingga Ust Yusuf Mansur Promosikan Saham di Medsos, BEI Peringatkan

Selasa, 05 Januari 2021 - 16:44 WIB
loading...
Raffi Ahmad hingga Ust Yusuf Mansur Promosikan Saham di Medsos, BEI Peringatkan
Bursa Efek Indonesia (BEI) angkat suara terkait maraknya aksi influencer yang turut mempromosikan sejumlah saham di media sosial. Mulai dari Raffi Ahmad, Ari Lasso, Ustaz Yusuf Mansur dan putra Presiden. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) angkat suara terkait maraknya aksi influencer yang turut mempromosikan sejumlah saham di media sosial. Adapun beberapa influencer yang turut serta meramaikan promosi saham di antaranya Raffi Ahmad, Ari Lasso, Ustaz Yusuf Mansur dan putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.

Direktur Perdagangan dan Penilaian Anggota Bursa BEI, Laksono Widodo mengatakan, pihaknya akan mengajak para influencer untuk berdiskusi mengenai promosi sejumlah saham. "Kita akan ajak diskusi para influencer ini, di satu pihak kami menyambut positif influencer seperti mereka," ujar Laksono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (5/1/2020).

(Baca Juga: Penutupan Perdagangan 2020, Dirut BEI: Respon Pasar Membaik )

Meskipun begitu, Laksono juga mengingatkan agar para influencer bertanggung jawab secara moral untuk para followersnya dan kemungkinan potensi tuntutan hukum. "Juga perlu mengingatkan mereka akan tanggung jawab moral mereka untuk para followersnya dan kemungkinan potensi tuntutan hukum dari para pengikutnya apabila ada yang bisa dikecewakan," kata dia.

"Kita juga mengajak mereka ikut Sekolah Pasar Modal bagi yang belum pernah mengikuti," sambungnya.

Selain itu Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna mengatakan, pihaknya telah meminta klarifikasi ke salah satu perusahaan terkait promosi salah satu saham kepada influencer. "Untuk mengklarifikasi hal ini, kami telah mengirimkan permintaan penjelasan kepada emiten terkait. Kita tunggu dulu tanggapannya," ucap Nyoman.

(Baca Juga: Teropong BEI: Tahun Depan Bakal Ramai Startup Melantai di Bursa RI )

Seperti diketahui, sejumlah influencer turut mempromosikan sejumlah saham di media sosialnya. Ari Lasso dan Raffi Ahmad di media sosial Instagram mempromosikan saham PT M Cash Integrasi (MCAS). Kemudian, Ustaz Yusuf Mansur dan Kaesang kerap mempromosikan sejumlah saham BUMN di media sosialnya masing-masing.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1877 seconds (0.1#10.140)