Pendapatan Turun Drastis, Pengusaha Hotel Terpaksa Lakukan Ini

Rabu, 06 Januari 2021 - 15:24 WIB
loading...
Pendapatan Turun Drastis, Pengusaha Hotel Terpaksa Lakukan Ini
Pendapatan yang turun drastis akibat dampak pandemio Covid-19 membuat pengusaha hotel berupaya keras untuk bertahan. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Bisnis hotel mengalami dampak pandemi Covid-19 yang cukup besar, dimana pendapatan para pengusaha perhotelan turun secara drastis. Langkah efisiensi menjadi satu-satunya cara bagi pengusaha untuk bertahan di tengah pandemi.

(Baca Juga: Booking Hotel di Bali Paling Sepi, Lampung Malah Ramai)

Senior Associate Director Collier Internasional Indonesia Ferry Salanto mengatakan, income dari para pelaku usaha hotel yang ada di Surabaya turun drastis di sepanjang 2020. "Di Surabaya masih sama kita bisa lihat gap antara tingkat hunian tahun 2019 dan 2020 gapnya cukup signifikan, income dari hotel juga drastis turunnya," ujarnya dalam acara konferensi pers virtual, Rabu (6/1/2021).

Menurut Ferry, beberapa pelaku usaha hotel melakukan efisiensi pada operasionalnya. Misalnya adalah hanya dengan mengoperasikan sebagian gedungnya saja. Selain itu, beberapa fasilitas hotel yang tersedia juga ditutup untuk mengurangi biaya operasional. Yang paling ekstrem dilakukan adalah dengan merumahkan karyawannya baik tanpa gaji ataupun mengurangi jumlah gajinya.

"Walaupun mereka sudah menekan secara sistematis bagian operasional itu bisa lebih ditekan dengan cara mengoperasikan sebagian gedung, beberapa fasilitas hotel juga ditutup. Bahkan ada beberapa ada yang merumahkan karyawannya tanpa gaji atau gajinya dikurangi," jelasnya.

(Baca Juga: Gencar Rapid Test Antigen, Okupansi Hotel di Puncak Anjlok hingga 80 Persen)

Namun menurut Ferry, hal tersebut mau tidak mau dilakukan oleh para pengusaha hotel di Surabaya. Karena cara tersebutlah yang membuat para pemilik hotel masih bisa bertahan hingga saat ini. "Ini menjadi cara dari hotel untuk tetap bertahan di masa sulit," ucapnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1618 seconds (0.1#10.140)