Pengendalian Covid-19 Pengaruhi Pasar Keuangan, Ini Kata Sri Mulyani

Kamis, 07 Januari 2021 - 08:15 WIB
loading...
Pengendalian Covid-19 Pengaruhi Pasar Keuangan, Ini Kata Sri Mulyani
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebutkan, pergerakan nilai tukar rupiah hingga Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di 2020 cenderung stabil. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebutkan, pergerakan nilai tukar rupiah hingga Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di 2020 cenderung stabil. Meski penanganan Covid-19 masih menjadi sentimen bagi pasar keuangan.

"Nilai tukar rupiah kita ada penguatan dan cenderung stabil. Pada Mei lalu terjadi capital outflow. Stabilisasi capital inflow terjadi dan outlfow lagi. Kuartal IV diharapkan positif lagi," kata Menkeu Sri Mulyani dalam video virtual.

(Baca Juga: Kendalikan Covid-19, Airlangga: Pemerintah Atur Kembali Pembatasan Kegiatan Masyarakat )

Kata dia, sentimen pasar dipengaruhi oleh pengendalian Covid-19. Hingga, IHSG juga berhasil kembali ke level 6.000 setelah anjlok di awal pandemi virus Covid-19. "IHSG kita tembus 6.000. Dari credit default swap normal kembali seperti Januari 2020," ujarnya.

Diharapkan protokol kesehatan tetap dijaga agar penularan bisa ditekan. Korelasi antara sentimen pasar ini, terang dia adalah apakah kita mampu kendalikan Covid itu sangat jelas.

(Baca Juga: Menkeu Sri Mulyani: Tahun 2021 Harus Optimis )

Menkeu Sri Mulynai menerangkan, diperlukan disiplin untuk tetap menjaga protokol kesehatan agar ekonomi berjalan dan Covid-19 bisa dikendalikan. "Jadi protokol kesehatan tetap dijalankan agar penyebaran Covid-19 ini bisa ditekan," ungkapnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1602 seconds (0.1#10.140)