Tampilkan Sentuhan Baru di Rumah dengan Anggaran Terbatas

Kamis, 07 Januari 2021 - 16:39 WIB
loading...
Tampilkan Sentuhan Baru di Rumah dengan Anggaran Terbatas
Penataan rapi rumah akan mendatangkan kenyamanan tersendiri bagi penghuninya. (Foto: Dok/Homestratosphere)
A A A
MEMILIKI hunian yang nyaman adalah impian dan dambaan banyak orang. Selain menjadi tempat istirahat, rumah juga ibarat sanctuary, yakni sebagai tempat bercengkrama dan berbagi cinta bersama keluarga.

Terlebih lagi, sepanjang pandemi Covid-19 ini mayarakat lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Sayangnya, tidak semua orang memiliki rumah nyaman, sehingga saat berada di rumah menjadi cepat bosan.

Entah karena warna dinding yang sudah mulai kusam atau interior yang terlampau besar membuat ruang gerak menjadi terbatas. Namun, keinginan untuk menata kembali interior rumah dengan yang baru pasti bisa dilakukan siapa pun. Termasuk, ide renovasi dengan biaya murah,

ide dekorasi ini bahkan bisa diterapkan di berbagai ruangan. Bagi Anda yang ingin mendandani hunian dengan biaya terbatas, berikut tips mendekorasi rumah dengan biaya murah dari desainer interior Prasapta Mufreno.

Saat berencana mendekorasi rumah, hal pertama yang harus adalah menyiapkan anggaran biaya. Dengan begitu, Anda bisa mengontrol pengeluaran sehingga tidak melebihi anggaran.

"Siapkan anggaran sebelum memulai mendekorasi rumah, baik itu dari tabungan, pinjaman, atau sumber lain. Sehingga bisa mendekorasi rumah dengan anggaran yang telah disiapkan," kata pemilik Umahabang kepada SINDOnews, Kamis (7/1/2021).

Setelah menyiapkan anggaraā€ˇn, Anda harus menentukan desain yang diinginkan. Untuk tahapan ini harus disesuaikan dengan budget yang sudah dipersiapkan. Bisa juga mencari referensi dan inspirasi melalui media sosial, seperti Instagram, website, ataupun bisa meniru dekorasi dari tempat yang pernah dikunjungi, misalnya kafe.

"Ide bisa datang dari mana saja. Saat menemukan satu ide, sebaiknya coba kembangkan apakah sesuai dengan ruangan yang ingin didekor," jelasnya.

Tahap selanjutnya, memilih furnitur sesuai dengan konsep yang dipilih. Seperti konsep mininalis,untuk dekorasi ini gunakan furnitur yang terkesan ringan dan kecil. Penyesuaian warna dinding sebaiknya disamakan dengan pemilihan furnitur.

"Sebelum membeli barang biasakan untuk mengukur dan menyelaraskan warna dengan ruangan, jangan sampai setelah datang menyesal karena barang tidak sesuai," kata Prasapta.

Sebaiknya, Anda mencoba untuk membandingkan harganya. Saat ini, beragam barang furnitur dan aksesoris lainnya bisa Anda dapatkan secara daring. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan barang dengan harga yang cukup terjangkau, setelah membandingkan harga lewat review dari pembeli sebelumnya.

"Sebelum melakukan transaksi, usahakan mencari harga pembanding untuk setiap dekorasi dengan jenis yang sama demi mendapatkan barang kualitas terbaik namun tetap terjangkau," tuturnya.
(wan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3895 seconds (10.55#12.26)