Supaya Nggak Zonk, Simak Nih Tips Belanja Online dengan Aman

loading...
Supaya Nggak Zonk, Simak Nih Tips Belanja Online dengan Aman
Agar aman, belanja shopping perlu disertai kehati-hatian dan kecermatan sehingga mendapatkan barang sesuai keinginan. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Belanja online saat ini sudah menjadi keseharian bagi sebagian besar masyarakat. Namun, belanja online juga memiliki risiko, terutama bagi mereka yang belum pernah, atau baru beberapa kali mencobanya.

Semakin tinggi transaksi yang dilakukan secara online, semakin besar pula risiko yang dihadapi pembeli. Seperti kita ketahui bersama, sudah banyak kasus penipuan online yang terjadi di marketplace. Namun, belanja daring sejatinya menawarkan beragam kemudahan jika dilakukan dengan baik.

(Baca Juga: 5 Kategori Belanja Online Paling Populer di Akhir 2020)

Perencana Keuangan Eko Endarto mengatakan, aktivitas belanja secara daring memang bisa mengancam keamanan jika tidak dilakukan secara hati-hati. Karena itu, kata dia, untuk membeli suatu barang secara online, terutama di marketplace, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu terhadap toko penjual barang yang akan dibeli.



"Beberapa langkah yang bisa kamu lakukan, yaitu memastikan status toko apakah aktif atau tidak, umur toko, hingga testimoni lebih banyak positif atau negatif?" kata Eko saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Minggu (10/1/2021).

Selanjutnya, cek ulasan produk yang ingin dibeli dari pengguna lain yang sudah membelinya terlebih dulu. Simak ulasan satu per satu hingga foto yang disematkan untuk membuatmu semakin yakin terhadap produk yang akan dibeli.
"Jangan tergiur oleh harga murah, karena hal ini bisa saja membuatmu terjebak. Bandingkan harga produk yang sama dengan beberapa toko sekaligus," tambahnya.

Eko mengatakan, jika perbandingan harganya tak jauh satu sama lain, maka itu adalah hal yang wajar. Sebaliknya, Anda perlu curiga jika harga barang yang ditawarkan terlalu murah atau bahkan jauh melebihi yang disarankan. "Apabila terlalu murah bisa jadi ada niat untuk melakukan penipuan atau barang yang dijual bukanlah produk original," bebernya.

(Baca Juga: Daripada Urusi Hoaks, PKS Minta Polisi Siber Tangani Maraknya Penipuan Online)

Eko menambahkan, upaya memastikan reputasi toko dan harga produk terbilang wajar-wajar saja. Dia menyarakna calon pembeli untuk membaca deskripsi produk dengan seksama.

Pertama, sesuaikan judul dengan deskripsi yang ada di halaman produk. Pastikan nama barang, varian, spesifikasi hingga kelengkapan yang ditawarkan sudah sesuai. Jika informasi kurang lengkap, jangan ragu menanyakan langsung ke penjual melalui fitur pesan.
(fai)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top