Bos Garuda Benarkan Pesawat Jurusan Pontianak Mendarat di Sumatera

Kamis, 14 Januari 2021 - 08:04 WIB
loading...
Bos Garuda Benarkan Pesawat Jurusan Pontianak Mendarat di Sumatera
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Manajemen PT Garuda Indonesia (Persero) membenarkan informasi terjadinya gagal landing pesawat milik emiten dengan nomor penerbangan GA504 di Bandar Udara (bandara) Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (13/1/2021).

Maskapai penerbangan plat merah tujuan Jakarta-Pontianak itu seharusnya mendarat di Supadio, namun karena cuaca memburuk, maka pesawat diarahkan melakukan landing di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan.

Baca Juga: Pesawat Garuda Gagal Mendarat di Bandara Pontianak, Ini Kata Bos Garuda Indonesia

Direktur Utama (Dirut) Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyebut, pendaratan pesawat Garuda Indonesia GA504 di Palembang sudah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) penerbangan. Di mana, bila bandara tujuan tidak memungkunkan pesawat melakukan landing, maka pesawat dialihkan ke bandara lainnya (divert). Hal itu untuk memastikan keselamatan penumpang.

( )

"Standar Prosedur (SOP) kalau kondisi bandara tujuan tidak memungkinkan didarati, maka divert ke bandara lain. Memastikan keamanan penumpang nomor satu," ujar Irfan saat dikonfirmasi MNC News Portal, Rabu (13/1/2021) malam.

Baca Juga: Telepon Prabowo, Menhan AS Nyatakan Siap Bantu Pencarian Pesawat Sriwijaya Air

Dari informasi yang diperoleh di akun media sosial (Instagram) @tkp_pontianak bahwa pesawat Garuda GA504 sempat berputar tujuh kali sebelum akhirnya mendarat di Palembang. Informasi ini diunggah dalam sebuah video pendek pada pukul 16.00 Wib, rabu.

Baca Juga: Mau Pandemi atauTidak, Ratusan Triliun Parkir di Bank Daerah

"Breaking News, pesawat Garuda GA504 divert dikarenakan cuaca di Pontianak sangat tidak mendukung. Pesawat ini berangkat dari Jakarta tujuan Pontianak akhirnya mendarat di Palembang,” tulis akun tersebut.

( )

Tak hanya maskapai penerbangan plat itu, hal serupa juga dialami oleh pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-684. Dari akun serupa menuliskan bahwa pesawat milik Lion Air Group itu juga mengalami gagal mendarat di bandara Supadio, Pontianak.

Baca Juga: Dihantam Pandemi Covid-19, Pengusaha Konstruksi Ini Mampu Bertahan

Lion Air akhirnya dialihkan landing di bandara Hang Nadim, Batam. Sebelumnya pesawat tersebut sempat berputar-putar di langit kota Pontianak. "Breaking News, Pesawat Lion Air JT684 divert dikarenakan cuaca di Pontianak sangat tidak mendukung. Pesawat ini berangkat dari Jakarta tujuan Pontianak dan akhirnya mendarat di Batam,” demikian bunyi keterangan akun tersebut.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1258 seconds (0.1#10.140)