Tiga Poin Ini Dinilai Perlu Dimiliki Bank Syariah Indonesia

Senin, 18 Januari 2021 - 11:09 WIB
loading...
Tiga Poin Ini Dinilai Perlu Dimiliki Bank Syariah Indonesia
Keberadaan Bank Syariah Indonesia diharapkan menjadi pendukung ekonomi syariah sekaligus ekonomi nasional. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Keberadaan bank syariah hasil merger, Bank Syariah Indonesia , akan bisa mendorong tumbuhnya ekonomi syariah sekaligus juga membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia.



"Meskipun memang banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk mendukung realisasi hal tersebut," ungkap Direktur Riset CORE Indonesia Piter Abdulah saat dihubungi di Jakarta, Senin (18/1/2021).

Yang pertama, kata dia, adalah persiapan sumber daya manusia (SDM). Menurutnya saat ini SDM di perbankan syariah bukanlah yang terbaik. "Terbukti dengan pengelolaan bank syariah kita selama ini masih jauh dari optimal," cetusnya.

Kedua, bagaimana mengembangkan ekosistem dan pasar produk halal dalam negeri yang potensinya begitu besar agar dapat menjadi pasar bagi bank syariah hasil merger.



Ketiga, kata Piter, harus ada kebijakan pemerintah yang benar-benar fokus mendukung pengembangan keuangan syariah dengan menyediakan berbagai bentuk insentif.

"Setidaknya tiga hal ini dibutuhkan agar merger bank syariah milik pemerintah benar-benar membawa manfaat mendukung perbankan nasional kita," tuturnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)