Dana Asing Rp156,3 Triliun Tinggalkan RI Sepanjang Wabah Corona

Jum'at, 17 April 2020 - 12:29 WIB
loading...
Dana Asing Rp156,3 Triliun Tinggalkan RI Sepanjang Wabah Corona
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan dana asing yang keluar mencapai sebesar Rp156,3 triliun akibat pandemi virus Corona (Covid-19). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat dana aliran modal asing yang meninggalkan Indonesia sepanjang wabah corona atau Covid-19 cukup besar. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan dana asing yang keluar mencapai sebesar Rp156,3 triliun akibat pandemi virus Corona (Covid-19).

"Net foreign buying kita negatif untuk saham dan SBN (surat berharga negara) menyebabkan ada Rp156,3 triliun dilepas (investor) pada Januari hingga April 2020," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Jumat (17/4/2020).

Diterangkan olehnya, perubahan besar terlihat pada bulan Maret dari semua sisi indeks ekonomi, baik konsumsi, tendensi bisnis, dan ritel menunjukkan tren penurunan. Dimana kewaspadaan pemerintaan terus ditingkatkan untuk mengantisipasi dampak yang lebih besar.

"Penurunan cenderung makin tajam, terutama pada akhir Februari dan Maret. Ini membuat kewaspadaan kita meningkat pada April karena pandemik virus ini maish terjadi," jelasnya

Sambung Sri Mulyani menambahkan dengan gejolak ekonomi di beberapa negara menimbulkan antrian dalam meminta bantuan Dana Moneter Internasional (IMF). Pasalnya gejolak di pasar keuangan membuat investor dan pelaku pasar panik. Alhasil, investor memilih untuk mencari aman.

"Kondisi ini memicu capital outflow dari berbagai negara, terutama emerging countries.Ini yang menyebabkan banyak negara minta bantuan IMF karena semua negara tertekan balance of payment dan cadangan devisanya," tukasnya.
(ant)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4138 seconds (0.1#10.140)