Wuih! Tol Lintas Sumatera Kini Miliki Tempat Charge Mobil Listrik

loading...
Wuih! Tol Lintas Sumatera Kini Miliki Tempat Charge Mobil Listrik
Saat ini, Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) telah beroperasi di Rest Area Km 20 B, Ruas Bakaheuni-Kayu Agung. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Pengguna Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) atau kendaraan listrik yang melintasi jalan tol Trans Sumatera kini tidak perlu khawatir lagi terkait pengisian listrik. Tol Lintas Sumatera akan dilengkapi infrastruktur pengisian kendaraan listrik.

Namun, saat ini baru satu Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang beroperasi, yakni di Rest Area Km 20 B, Ruas Bakaheuni-Kayu Agung. Ke depan, direncanakan akan dibangun SPKLU di Rest Area Rest Area Km 49 A Arah Palembang, Rest Area Km 116 B Arah Bakeheuni, dan Rest Area Km 234 A Arah Palembang.

Baca Juga: Tol Kayu Agung-Palembang Diresmikan, Bakauheni-Palembang Kini Cuma 3 Jam!

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Koordinator Percepatan KBLBB menyampaikan apresiasinya terhadap PT PLN (Persero) yang telah mendukung percepatan program kendaraan listrik dengan membangun SPKLU di Indonesia.



Dia berharap masyarakat semakin antuasias untuk beralih menggunakan KBLBB. Lebih lanjut Luhut menyampaikan optimismenya, Indonesia mampu bersaing dalam industri penyedia baterai untuk kendaraan listrik.

"Indonesia mempunyai potensi sebagai produsen lithium terbesar kedua di dunia setelah China, cadangan nikel kita yang beragam menjadikan Indonesia tentu mampu bersaing di kancah ini," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (27/1/2021).

Luhut melanjutkan, penggunaan lithium tidak hanya untuk baterai kendaraan bermotor listrik saja namun dapat dimanfaatkan sebagai energy stabilizer yang begitu penting bagi daerah pedalaman untuk dimanfaatkan sebagai pengganti energi listrik di malam hari.



Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Wanhar yang hadir dalam peresmian tersebut menyampaikan apresiasinya terhadap PT PLN (Persero) yang akan membangun infrastruktur SPKLU di Tol Lintas Sumatera.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top