Pandemi Jadi Peluang Investor Domestik ‘Unjuk Gigi’ di Properti

Jum'at, 29 Januari 2021 - 19:54 WIB
loading...
Pandemi Jadi Peluang Investor Domestik ‘Unjuk Gigi’ di Properti
foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang terjadi hampir satu tahun ternyata memiliki peluang bagi industri properti . Peluang itu terutama buat investor domestik.

Head of Advisory Services Colliers International Indonesia Monica Koesnovagril mengatakan, seiring dengan perlambatan ekonomi global, pasar investasi kini sangat bergantung pada investor domestik. Hal ini terlihat dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) yang memiliki porsi 51% di kuartal III-2020. ( Baca juga:Hunian Vertikal Australia Ini Jadi Primadona Investor Indonesia di Tengah Pandemi )

“Seiring dengan perlambatan ekonomi global, pasar investasi Indonesia sangat bergantung pada investor domestik, baik dari segi nilai maupun jumlah proyek. Dominasi PMDN ini semakin menguat pada Q3 2020 yang mencapai sekitar 51%, berdasarkan data dari BKPM,” ujarnya kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (29/1/2021).

Menurut Monica, terlepas dari peran pemerintah yang dapat membantu meningkatkan jumlah modal untuk diarahkan ke aset properti, banyak investor yang menginginkan peluang untuk berinvestasi di pasar properti publik. Hal Ini dapat menjadi alternatif yang akan membawa peluang baru bagi investor dalam menempatkan modalnya.

Apalagi dengan terbentuknya dana investasi real estat (DIRE). DIRE menawarkan peluang besar bagi publik untuk berinvestasi dalam institusi real estat yang lebih besar dimana mereka dapat membeli saham gedung-gedung besar atau portofolio dari jenis aset institusional yang lebih besar. ( Baca juga:Anies Tak Kenal Lelah dari Rumah Sakit ke Rumah Sakit )

“Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan dalam negeri masih memiliki kepercayaan untuk berinvestasi di Indonesia. Oleh karena itu, kami melihat bahwa untuk saat ini investasi dalam negeri memiliki porsi yang lebih signifikan, hingga dua atau tiga tahun ke depan,” jelasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)