Anti Rayap! Sertifikat Tanah Elektronik Lebih Aman

Selasa, 02 Februari 2021 - 21:57 WIB
loading...
Anti Rayap! Sertifikat Tanah Elektronik Lebih Aman
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengamat ekonomi dari Indef Nailul Huda menilai rencana program sertifikat tanah elektronik dari BPN merupakan terobosan yang menarik. Pasalnya program itu membuat sertifikat tanah jauh lebih sederhana dan aman.

"Jadi tidak sulit lagi menyimpan sertifikat tanah di lemari. Nantinya bisa terhubung oleh device. Tandatangan juga sudah memungkinkan menggunakan tandantangan digital," kata Huda saat dihubungi MNC Portal Indonesia, di Jakarta, Selasa (2/2/2021).



Menurut dia, meskipun sebuah langkah yang bagus. Namun pihaknya memberikan catatan sebelum pelaksanaanya dilakukan BPN. Pertama, untuk penyimpanan data menurut dia harus benar-benar terjamin keamanan dan kapasitas cloudnya. Hal ini sangat mendasar bila ingin menerapkan teknologi cloud.



Tidak hanya itu, untuk dokumen-dokumen yang terkait seharusnya juga bisa dilakukan lewat online juga. Seperti kepengurusan pajak dan lainnya. "Bahkan sampai dokumen jual beli tanahnya juga. Berbagai hal ini tentu harus diperhatikan oleh pemerintah jika ingin program digitalisasi sertifikat tanah ini sukses. Harus dipikirkan oleh pemerintah hingga detailnya," kata dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2423 seconds (0.1#10.140)