Mantap Lur! KRL Jogja-Solo Mulai Beroperasi 10 Februari 2021

Kamis, 04 Februari 2021 - 21:13 WIB
loading...
Mantap Lur! KRL Jogja-Solo Mulai Beroperasi 10 Februari 2021
KRL Yogya-Solo tiba di stasiun Tugu Yogyakarta dari Solo Balapan, saat ujicoba, Kamis (4/2/2021). FOTO/MNC Portal Indonesia/Priyo Setyawan
A A A
YOGYAKARTA - Kereta rel listrik (KRL) Yogya- Solo saat ini masih dalam tahap ujicoba yang dapat diikuti masyarakat. Selanjutnya Rabu (10/2/2021) akan mulai beroperasi penuh. Akan ada 20 perjalanan KRL yang setiap harinya beroperasi di lintas Yogya - Solo PP. KRL akan melayani naik dan turun para pengguna di 11 stasiun yaitu Stasiun Yogya, Lempuyangan, Maguwo, Brambanan, Srowot, Klaten, Ceper, Delanggu, Gawok, Purwosari dan Solo Balapan.

“Setelah KRL beroperasi, Kereta Rel Diesel (KRD) Prambanan Ekspres (Prameks) tetap beroperasi, tetapi hanya melayani Yogya-Kutoarjo PP. Untuk Yogya-Solo PP dilayani KRL,” ," kata Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter), Wiwik Widayanti, Kamis (4/2/2021).



Wiwik menjelaskan waktu tempuh perjalanan KRL ini rata-rata sekitar 68 menit, ini lebih cepat waktunya dibandingkan perjalanan KA Prameks dengan waktu tempuh rata-rata selama 75 menit dengan pemberhentian di tujuh stasiun. Setiap perjalanan KRL lebih banyak dalam melayani penggunanya. Dengan jumlah empat kereta di setiap trainsetnya, KRL pada masa normal dapat melayani 1.600 orang dalam satu kali perjalanan, namun dalam masa pandemi ini, KAI mengatur kapasitas pengguna sebanyak 74 orang perkereta. Kecepatan maksimal perjalanan KRL ini bisa sampai 90 km/jam. Sedangkan kecepatan maksimal perjalanan KA Prameks secepat 78-80 km/jam

"Kami berharap masyarakat di Yogya, Solo dan sekitarnya dapat menggunakan transportasi publik yang semakin baik dengan hadirnya KRL," harapnya.

Mantap Lur! KRL Jogja-Solo Mulai Beroperasi 10 Februari 2021


Tiket untuk KRL Yogyakarta - Solo menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) dari KAI Commuter maupun kartu uang elektronik dari bank yaitu E-money Mandiri, Flazz BCA, BRIZZI, dan BNI Tap Cash. KMT telah dijual di seluruh stasiun KRL dengan harga Rp30.000 sudah termasuk saldo Rp10.000. "Tarif satu kali perjalanan KRL adalah Rp8.000 (tarif flat). Besaran tarif ini sama dengan tarif KA Prameks relasi Yogya - Solo PP yang ada sekarang," paparnya.

KAI Commuter akan memberlakukan peraturan-peraturan dalam melakukan perjalanan KRL terkait penerapan protokol kesehatan seperti penggunaan masker tiga lapis atau masker medis, mencuci tangan sebelum dan sesudah naik KRL, menjaga jarak dengan mematuhi marka yang ada di stasiun ataupun KRL, serta peraturan tambahan lainnya seperti pemeriksaan suhu tubuh calon pengguna, larangan berbicara secara langsung maupun menggunakan HP dan larangan makan/minum di atas KRL.



Wiwik menambahkan dengan beroperasinya KRL Yogya-Solo, maka KRD Prameks sudah tidak beroperasi untuk jalur Yogya-Solo, namun hanya Yogya-Kutoarjo PP. Untuk tarifnya Rp8.000 dengan cara reservasi dan pembelian melalui KA Access seperti selama ini. Selama uji coba masyarakat menyambut antusias moda transportasi baru ini. Selain baru, kereta yang bersih, nyaman dan murah, merupakan alasan lain bagi masyarakat mengunakan KRL tersebut. Mereka mengaku sangat senang bisa mcncoba KRL itu.

Mantap Lur! KRL Jogja-Solo Mulai Beroperasi 10 Februari 2021


"Saya sangat gembira bisa mencoba KRL ini," aku penumpang KRL Irfan, 16 saat keluar dari gerbong KRL di Stasiun Tugu, Yogyakarta, Kamis (4/2/2021). Pelajar asal Solo tersebut sengaja mengikuti program uji coba yang dilaksanakan beberapa hari ini. Ia terlihat beberapa kali mengabadikan momen bersama temannya di depan KRL yang berhenti sejenak sebelum kembali bertolak ke Solo. "Mumpung kegiatan sekolah tidak padat, kami memanfaatkan promo Rp 1 ini untuk main ke Yogya," akunya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5901 seconds (0.1#10.140)