Kenang Prof. Firmanzah, Chatib Basri: Fizh Itu Pintar dan Humble dalam Bergaul

Sabtu, 06 Februari 2021 - 10:22 WIB
loading...
Kenang Prof. Firmanzah, Chatib Basri: Fizh Itu Pintar dan Humble dalam Bergaul
foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dunia akademisi dan ilmu ekonomi Tanah Air telah kehilangan salah satu tokohnya, yaitu Prof. Firmanzah atau akrab disapa Prof. Fizh . Salah satu ekonom yang merasa kehilangan adalah Mantan Menteri Keuangan Indonesia periode 2013-2014 Chatib Basri atau dikenal dengan panggilan Dede. ( Baca juga:Prof. Firmanzah: Ekonom, Dekan, dan Rektor yang Wafat di Usia Muda )

Dia mengaku sangat terkejut dengan meninggalnya Fizh dan merasa kejadian itu sebagai kehilangan besar. Menurut Dede, potensi yang dimiliki Fizh sangat besar karena usia yang masih muda namun sudah memiliki prestasi tinggi. Salah satu yang terkenal tentu saja sebagai dekan termuda di FEB UI .

"Saya kaget mendengar kabar sedih ini. Fizh itu pintar, humble dalam bergaul, saat berinteraksi sangat sopan," kenang Chatib saat dihubungi MNC Portal Indonesia hari ini (6/2) di Jakarta.

Dia mengakui keahlian Fizh dalam ilmu ekonomi terutama marketing communication. Menurutnya Fizh memiliki pemahaman yang sangat mendalam di bidang tersebut.

Tidak hanya itu, dia juga memuji Fizh memiliki kombinasi yang sangat jarang dimiliki ekonom Indonesia. Walaupun dia merupakan akademisi papan atas dengan posisi dekan dan rektor, tapi sekaligus juga memiliki pengalaman di ranah kebijakan sebagai staf khusus era Presiden SBY.

"Saya sangat memuji kombinasi pengalaman yang baik dari almarhum. Karena pengalaman yang dia miliki di pemerintahan sangat penting untuk dikombinasikan dengan pengajaran bagi dunia kampus," katanya.

Selain dikenal pernah menjadi dekan, Fizh aktif dalam seminar-seminar baik dalam negeri maupun luar negeri. Dia juga aktif menulis buku dan jurnal. Lebih dari 20 jurnal telah ia terbitkan dan beberapa buku juga telah ia tulis dan terbit. ( Baca juga:YouTuber Otomotif Milyarder Dunia, Manny Koshbin si Kolektor Mobil )

Pada 15 Januari 2015, Fizh terpilih sebagai Rektor Universitas Paramadina periode 2014-2018, menggantikan Anies Baswedan yang terpilih sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Dia juga pernah menjadi Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi pada pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5217 seconds (0.1#10.140)