PKJ-PHE-OSES Jalin Sinergi, Dorong Optimalisasi Biaya Pertamina Group

Sabtu, 06 Februari 2021 - 10:23 WIB
loading...
PKJ-PHE-OSES Jalin Sinergi, Dorong Optimalisasi Biaya Pertamina Group
Penandatanganan long term service agreement pekerjaan underwater work service antara PKJ-PHE OSES di Jakarta, Jumat (5/2/201) lalu. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Peteka Karya Jala (PKJ), anak usaha PT Pertamina Trans Kontinental , menjalin sinergi dengan PT Pertamina Hulu Energi–Offshore Southeast Sumatera (PHE-OSES). Dalam kerja sama ini, PHE-OSES menggunakan jasa PKJ yang memiliki core competency di bidang underwater work services dan salvage ini untuk mendukung operasionalnya.

Sebagai perusahaan yang memiliki rekam jejak panjang di bidang underwater work services, PHE-OSES membutuhkan PKJ untuk jasa penyelaman, inspeksi bawah laut dan jasa pengujian tidak merusak (NDT), serta jasa-jasa pembersihan tumbuhan laut, berkaitan dengan konstruksi, perawatan dan inspeksi dari produksi minyak dan gas lepas pantai dan fasilitas proses di lapangan Offshore Southeast Sumatera (OSES) guna meningkatkan mutu dan efektifitas operasionalnya.



PHE-OSES merupakan operator Wilayah Kerja (WK) Southeast Sumatra, yang merupakan salah satu kontributor migas terbesar di Indonesia. Rata-rata produksi per hari dalam catatan laporan tahunan 2019 dari WK tersebut sebesar 25.207 barel minyak per hari (BOPD) dan gas 95,33 MMSCDF atau dalam ukuran minyak setara gas sebanyak 41.662 BOEPD.

Sinergi antara anak perusahaan hulu dengan anak perusahaan jasa ini kemudian diwujudkan dalam sebuah long term service agreement pekerjaan underwater work service yang ditandatangani dalam rangkaian acara Kick-Off Meeting, di Jakarta, pada Jumat (5/2) lalu.

Penandatangan kerja sama tersebut dilakukan oleh GM PHE OSES Alfi Rusin dan Direktur PKJ Afridal Rivai dengan disaksikan oleh Direktur Utama PT Pertamina Trans Kontinental Nepos MT Pakpahan, serta Facilities Senior Manager PHE-OSES Muzwir Wiratama.

Direktur Utama PTK Nepos MT Pakpahan menyampaikan apresiasi terhadap PHE-OSES atas sinergi ini dan berharap agar kerja sama antara PKJ dengan PHE OSES berjalan dengan lancar, saling menunjang dan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Nepos juga berharap kerja sama ini dapat ditingkatkan untuk kegiatan lainnya.

Dia menegaskan, direksi PTK berkomitmen memberikan dukungan penuh kepada PKJ untuk terus mengembangkan bisnisnya melalui kerja sama dan sinergi dengan Pertamina Group. "PTK dan PKJ berkomitmen menjalankan proses bisnis ini dengan baik dan semangat ketulusan. Saya percaya dengan landasan ketulusan akan menghasilkan energi yang tidak terbatas," ucap Nepos dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (6/2/2021).



Direktur PKJ Afridal Rivai mengaku bangga dapat berkontribusi mendukung kegiatan underwater work service di PHE-OSES, selain dapat meningkatkan kompetensi dan portofolio PKJ. Sinergi antara PHE-OSES dengan PKJ ini diyakininya dapat memberikan cost optimalization serta keuntungan lebih kepada Pertamina Group secara terkonsolidasi.

Dalam meningkatkan confidence level PHE-OSES kepada PKJ, lanjut Afdal, PKJ akan menambah investasi 1 Spread Diving Equipment dan investasi tersebut sebagai komitmen untuk pekerjaan ini.

GM PHE OSES Alfi Rusin juga menyambut baik sinergi PHE-OSES dan PKJ ini. Dia mengatakan bahwa pekerjaan ini memerlukan, kecermatan, kegigihan dan kesabaran karena akan berlangsung dalam jangka waktu yang panjang yaitu 10 tahun. "Saya berharap PKJ dapat memberikan layanan terbaik untuk menunjang operasional PHE OSES terutama dalam aspek HSSE serta kesiapan tim dalam menunjang operasional PHE-OSES," tuturnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1406 seconds (0.1#10.140)