MNC Group Bangun Movieland sebagai Creative Hub, Wamen Angela Optimistis Parekraf RI Bangkit

Sabtu, 13 Februari 2021 - 20:14 WIB
loading...
MNC Group Bangun Movieland sebagai Creative Hub, Wamen Angela Optimistis Parekraf RI Bangkit
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo (tiga kanan) saat menghadiri Ground breaking Movieland di Lido City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/2/2021). Foto/SINDOphoto/Aziz Indra
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri (Wamen) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo optimistis sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) bangkit pasca pandemi Covid-19. Pasalnya, meski badai pandemi masih menghantam dunia, sektor pariwisata sejatinya memiliki peluang besar untuk dikembangkan.

Berkaca dari data pegerakan wisatawan mancanegara (wisman) di tahun 2019, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia menunjukkan tren yang sangat positif hingga menyentuh angka 16,11 juta wisatawan dengan perolehan devisa hingga Rp280 triliun.

"Dan ini sebenarnya bisa dikembangkan lagi mengingat di ASEAN sendiri pada tahun yang sama mencatat 133,1 juta kunjungan wisman," ujarnya saat menghadiri acara ground breaking Movieland di Lido City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/2/2021).

(Baca juga: Tekan Penyebaran Covid-19, Wisatawan Puncak Dirapid Antigen Massal )

Tak kalah pentingnya, lanjut Angela, pergerakan wisatawan nusantara ke luar negeri (outbond) juga bisa menjadi alternatif sementara dalam memulihkan sektor pariwisata yang sedang terpuruk.

Data BPS 2019 mencatat, terdapat sekitar 280 juta wisatawan Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar negeri dengan total spending mencapai Rp307 triliun. Potensi inilah yang tengah digarap Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk membuat wisatawan Indonesia tertarik melakukan perjalanan domestik.

"Bisa dimaksimalkan lagi, terutama dari framing per personnya. Kalau kita bisa kita tingkatkan lagi sangat-sangat luar biasa. Dan ini adalah strategi kita dalam jangka pendek untuk memulihkan industri pariwisata nasional," terang Angela Tanoesoedibjo.

(Baca juga: Garap Wisata Sejarah, Sandiaga Berharap Pariwisata Bisa Bangkit )

Dari segi ekonomi kreatif, dia menjelaskan bahwa Indonesia juga memiliki potensi yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Dari tahun ke tahun, sektor ekraf Indonesia mengalami peningkatan pesat hingga menyumbang PDB sebesar Rp1.100 triliun dengan kontribusi ekspor senilai USD20 miliar.

"Sektor ekraf juga menyerap tenaga kerja yang besar mencapai 34 juta tenaga kerja. Ini potensi yang harus kita kembangkan. Karena PDB ekraf pada 2020 turun menjadi Rp1050 triliun tentunya berdampak pada penyerapan tenaga kerja," ungkapnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2007 seconds (11.252#12.26)