Arahan Jokowi, Pasar Digital UMKM Bisa Pacu Pemulihan Ekonomi

Senin, 15 Februari 2021 - 13:38 WIB
loading...
Arahan Jokowi, Pasar Digital UMKM Bisa Pacu Pemulihan Ekonomi
Ilustrasi UMKM. Foto/Dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akhirnya meresmikan Pasar Digital (PaDi) UMKM Virtual Expo 2021. PaDi UMKM merupakan marketplace yang telah diterbitkan Kementerian BUMN pada 17 Agustus 2020 lalu.

Dalam peresmian yang dilakukan Senin (15/2/2021) menteri BUMN yang diwakilkan oleh Wakil Menteri (Wamen) BUMN I Pahala Nugraha Mansury mengutarakan, program PaDi UMKM selaras dengan arahan dan kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) . Arahannya adalah program ini dapat mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Pada kesempatan ini, kita akan membuka penyelenggaraan PaDi UMKM virtual Expo 2021. Selaras dengan arahan dan kebijakan Pak Presiden untuk melakukan percepatan pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19," ujarnya saat memberikan sambutan pembukaan, Senin (15/2/2021).

( )

Kementerian BUMN juga menekankan pentingnya kemitraan antara BUMN dan UMKM. Dimana, sinergitas keduanya memberi arti penting dan memiliki peran yang strategis untuk bisa ditingkatkan dalam satu ekosistem ekonomi yang saling mendukung dan saling menguntungkan secara berkelanjutan. "Acara yang sinergitas antara BUMN dan UMKM, sekaligus juga memberikan makna pada visi dan misi BUMN untuk Indonesia," kata dia.

Sebelumnya, Kementerian BUMN telah melakukan launching tiga program untuk pelaku usaha UMKM. Program tersebut melalui beberapa instansi, yaitu, Kementerian BUMN, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKKP) dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM).

( )

Ketiga program itu berupa PaDi UMKM, Bela Pengadaan dari LKPP, dan Laman UKM dari Kemenkop UKM. Di-launching tiga program ini merupakan upaya yang dilakukan pemerintah untuk pemulihan UMKM di tengah pandemi Covid-19.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, peran BUMN salah satunya diwujudkan melalui Pasar Digital UMKM. Menurutnya, dengan peningkatan belanja khususnya kepada UMKM, akan mendorong perekonomian untuk bergerak. "Sehingga pemulihan ekonomi diharapkan akan lebih cepat," ujarnya.

( )

PaDi UMKM merupakan sebuah ekosistem dengan platform digital yang mempertemukan UMKM dengan BUMN, sehingga memberi ruang dan peluang bagi UMKM untuk mendapatkan transaksi dari BUMN serta kesempatan dalam memperoleh pembiayaan dari BUMN. Platform ini juga akan mendorong terciptanya efisiensi dan transparansi khususnya di lingkungan BUMN dalam proses pengadaan barang dan jasa.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1775 seconds (0.1#10.140)